Komponen Penting pada Mobil Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh

By Administrator 23 Jan 2024
 

Bepergian jauh dengan mobil bersama keluarga atau sahabat pastinya sangat menyenangkan. Kini, banyak orang memilih berlibur atau pulang kampung dengan mengendarai mobil pribadi.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, beberapa komponen mobil harus diperiksa terlebih dahulu dan dipastikan dalam keadaan baik. Pemeriksaan ini baiknya dilakukan tidak di waktu yang mepet, sehingga apabila mobil perlu diperbaiki masih bisa dibawa ke bengkel.

Berikut beberapa komponen pada mobil yang harus diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh:

1. Air Radiator

Sebelum melakukan perjalanan jauh baiknya memastikan air radiator dalam keadaan terisi normal sampai batas levelnya. Jika air radiator tampak sudah berkurang banyak, baiknya segera diisi ulang. Selain itu pastikan juga kondisi selang ke reservoir dalam keadaan baik.

2. Oli Mesin

Oli mesin sangat penting untuk melumasi mesin agar tak overheat saat mobil digunakan dalam perjalanan jauh. Untuk itu, jika saat bepergian sudah mendekati waktu ganti oli baiknya dilakukan sebelum bepergian.

Gunakan oli mesin terbaik yang bisa menunjang performa mobil. Evalube dikenal terbaik di kelasnya dan bisa didapat di bengkel-bengkel terdekat.

3. Filter dan Selang Bensin

Dua komponen ini sangat penting untuk memastikan pembakaran terjadi dengan sempurna. Jika ada masalah pada bagian ini bisa menyebabkan mesin sulit bahkan tak bisa dinyalakan. Untuk itu harus dipastikan dalam keadaan baik.

4. Rem

Sistem pengereman sangat penting karena untuk keselamatan penumpang. Untuk itu, pastikan bagian-bagian pada rem bekerja dengan baik dan tak ada yang rusak. Permasalahan pada rem biasanya adalah kebocoran pada selang, untuk itu penting memastikan selang tak bocor.

5. Pendingin atau AC

Apabila ada masalah pada AC maka perjalanan jauh akan terasa tak nyaman. Apalagi jika harus terjebak di macet. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu AC bekerja dengan baik.

Itu dia beberapa komponen penting yang harus diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Baiknya melakukan servis sebelum pergi agar komponen lainnya juga diperiksa jika ada yang perlu diperbaiki atau diganti.