Tips Memilih Lampu Mobil yang Aman untuk Malam Hari

By Administrator 26 Jul 2023
 

Berkendara di malam hari cukup menantang karena kapasitas cahaya yang minim. Minimnya kapasitas cahaya ini pun membuat visibilitas berkendara berkurang.

Hal ini pun membuat pentingnya pencahayaan yang mumpuni pada mobil agar berkendara lebih aman. Lampu mobil harus bisa memendarkan cahaya dengan tepat agar keamanan berkendara terjamin dan tak mengganggu kendaraan lain.

Pasalnya, apabila berkendara dengan cahaya yang terlalu terang bukan hanya bisa mengganggu pengendara lain tetapi juga bisa berbahaya karena berisiko menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, tak dianjurkan menggunakan kendaraan dengan lampu yang memancarkan cahaya berlebihan karena berbahaya.

Untuk itu, penting memilih lampu yang tepat agar bisa mendukung visibilitas berkendara tetapi tidak mengganggu pengendara lain. Lampu mobil sendiri ada yang menggunakan halogen, tetapi kini lebih banyak yang sudah menggunakan teknologi LED. Lampu dengan teknologi LED selain lebih terang juga lebih hemat energi dan tak panas.

Untuk itu, disarankan menggunakan lampu LED dengan teknologi yang sudah lebih baik. Pemilik mobil lawas bisa mengganti lampu halogen dengan lampu LED berwarna putih.

Meski lampu LED kini mudah ditemukan, tetapi tak boleh asal-asalan memilih. Perlu dipastikan dulu kualitas dan keterangan cahayanya.

Berikut beberapa tips memilih lampu LED untuk mobil agar aman berkendara di malam hari:

1. Pastikan kualitasnya

Untuk lampu depan baiknya menggunakan produk lampu dari brand yang sudah terjamin kualitasnya. Pasalnya, lampu depan mobil sangat penting untuk penglihatan di malam hari. Jangan sampai tiba-tiba mati di tengah jalan atau cahayanya kurang terang.

Pilihlah lampu yang sudah memiliki sertifikat IP, yang merupakan sertifikat Indonesia untuk lampu yang layak digunakan kendaraan. Lampu dengan sertifikat IP ini tahan goncangan serta memiliki driver dan kualitas kabel dan solderan yang baik. Ini sangat penting karena berpengaruh pada durabilitas lampu tersebut dan cahaya yang dihasilkan.

Lampu dari brand terpercaya biasanya memiliki kualitas baik dengan cahaya terang dan fokus, lampu tidak silau karena memiliki cut off dan awet hingga lima tahun.

2. Perhatikan temperatur warna dan kegunaannya

Lampu depan mobil ini memiliki beberapa fungsi, yakni lampu utama, lampu senja, lampu dim serta lampu kabut. Untuk itu, temperatur warna lampu mobil perlu disesuaikan dengan kegunaan masing-masing lampu.

Untuk lampu utama, bisa menggunakan temperatur 4300k dengan warna putih kekuningan atau temperatur 6000K dengan warna putih bening. Sementara lampu dim, temperatur yang disarankan adalah 4300K agar tidak terlalu silau jika dilihat dari arah berlawanan.

Sedangkan untuk lampu kabut disarankan menggunakan temperatur 3000K dengan warna kuning keemasan atau 4300K dengan warna putih kekuningan agar bisa tembus hujan dan kabut.

Selain dua hal di atas yang perlu diperhatikan juga adalah kompatibilitas kelistrikan mobil. Agar lebih aman, disarankan berkonsultasi dengan mekanik mobil saat akan memasang lampu LED agar tak mengganggu kelistrikan mobil.

Itu dia beberapa tips memilih lampu mobil yang aman untuk berkendara di malam hari. Selain masalah lampu, mobil juga perlu diservis secara berkala agar selalu prima berkendara di segala situasi. Pastikan juga gunakan oli terbaik Evalube yang terjamin kualitasnya untuk melindungi sekaligus mengoptimalkan kinerja mesin mobil Anda.