Inilah Pelumas yang Cocok untuk Mesin Skutik Moge

By Administrator 09 Sep 2021
 

Skuter matic mulai booming di era pertengahan 2000-an sebagai kendaraan roda dua yang memiliki lantai dibawahnya untuk bisa menjadi pijakan pengendaranya. 

Berbeda dengan sepeda motor pada umumnya yang biasa meletakan mesin di rangka bagian tengah, maka skutic memiliki penempatan mesin yang berbeda, ada yang di bagian samping, di belakang, tepat di depan roda belakang, atau di bawah tempat duduk pengendara. Roda pada skutic juga agak berbeda dengan sepeda motor jenis lain, dimana skutic memiliki roda lebih kecil sekitar di bawah 16 inci.

Namun jika kita lihat sebenarnya konsep skutic hampir sama dengan motor bebek hanya saja ada beberapa perbedaan, seperti di bagian pijakan kaki pada skutic yang dibuat lebih lapang dengan menyiasati ruang bagasi motor yang dipindahkan ke bawah jok bersamaan dengan tangki bahan bakar, perbedaan lain yaitu jika pada motor bebek mesin dan transmisi letaknya tepat berada di dekat kaki pengendara. 

Sedikit informasi bahwa motor bebek berawal dari sepeda tradisional yang diberi dukungan mesin kecil serta dibantu dengan pedal untuk dikayuh.

Di era sekarang ini kita semakin dikenalkan dengan skutik dengan bentuk moge atau yang sering kita sebut sebagai skutik moge. Dengan bentuk yang berbeda tentu memiliki spesifikasi yang berbeda pula maka untuk oli yang dibutuhkan memiliki formula yang lebih spesifik. Berikut adalah ulasannya.

Rata – rata mesin skutik moge menggendong mesin 125cc Blue Core atau 155cc, namun juga ada yang lebih besar. Motor skutik moge juga sama seperti mesin lainnya juga butuh perawatan untuk rutin mengganti pelumas.

Mengganti oli dengan rutin secara berkala dengan berpatokan pada waktu berkendara atau jarak tempuh menjadi hal penting untuk menjaga kualitas mesin.

Demi membantu pengendara untuk menjaga kualitas mesin moge, maka Evalube mengeluarkan oli motor matic terbaik dengan produk Evalube Scootic RX  dengan formula khusus menjaga performa mesin skutik moge bekerja secara optimal, sehingga mendukung mobilitas penggunanya .

Bahan dan proses pembuatan oli motor matic terbaik ini dengan full sintetik diracik untuk formula lebih seimbang. Oli full sintetik dipilih karena tidak meninggalkan kerak pada ruang mesin, dan melumasi lebih luas ke celah mesin, hal ditujukan untuk memaksimalkan power setiap putaran mesin.

Selain itu oli Evalube Scootic ini juga mampu bekerja maksimal di berbagai cuaca dan kondisi jalan, serta mendukung keuntungan hemat bahan bakar.

Agar kondisi motor tetap prima meskipun bukan motor baru, maka harus menggunakan oli motor matic terbaik. Jika asal pilih, maka bukan tidak mungkin performa motor dibawah ekspektasi kita.

Adapun Evalube Scootic RX menjadi rekomendasi oli motor matic terbaik dengan menggunakan base oil sintetik dan zat aditif Molybdenum Dithiocarbamate yang bisa mengurangi friksi pada temperatur tinggi dan putaran yang tinggi.

Oli motor matic terbaik ini juga menggunakan bahan viskositas dengan takaran yang relatif rendah sehingga sirkulasi pelumas lancar, hal ini yang membuat mesin irit bahan bakar dan tetap mudah dinyalakan ketika cuaca sedang dingin.

Menerapkan teknologi Veltec dengan Clean Shield Formula dapat memberikan perlindungan yang lebih baik dan mesin menjadi lebih bersih.