Keuntungan Memakai BBM Beroktan Tinggi, Apakah Worth it?

By Automotive Evalube 03 Apr 2024
 

Pemilihan bahan bakar minyak (BBM) sangat berpengaruh pada kesehatan mesin. Pasalnya, menggunakan bahan bakar dengan oktan yang rendah bisa menimbulkan asap pada knalpot, bahkan warnanya pekat. 

 

Tak heran jika banyak pengendara memilih menggunakan BBM beroktan tinggi karena dianggap lebih baik. Namun, harga BBM beroktan tinggi memang lebih mahal karena merupakan bahan bakar tak subsidi. 

 

Meski demikian, ada beberapa keuntungan jika memilih menggunakan BBM beroktan tinggi. Berikut beberapa di antaranya: 

 

  1. Kurangi Polusi 

 

BBM beroktan tinggi memang lebih ramah lingkungan karena kualitasnya yang baik sehingga pembakaran pada mesin kendaraan lebih sempurna. Dengan demikian, baik motor maupun mobil tak menghasilkan gas buang terlalu banyak. 

 

Hal ini dikarenakan bahan pembuat BBM beroktan rendah dengan BBM beroktan tinggi berbeda. Ada beberapa kandungan pada BBM beroktan tinggi yang tak didapat pada BBM beroktan rendah, sehingga kualitasnya pun berbeda. 

 

  1. Mesin Bekerja Secara Normal 

 

Dengan menggunakan BBM beroktan tinggi, mesin kendaraan jadi bekerja lebih enteng atau normal sesuai kebutuhannya. Hal ini lantaran pembakaran di mesin terjadi secara sempurna. 

 

Tak heran, jika tarikan gas pada kendaraan yang menggunakan BBM beroktan tinggi jadi lebih enteng. Berkendara pun jadi terasa lebih aman dan nyaman. 

 

  1. Jarak Tempuh Makin Jauh 

 

Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi membuat mesin jadi bekerja maksimal dan efisien sehingga penggunaan BBM pun jadi lebih irit. Jarak tempuh pun semakin jauh, sehingga BBM tak cepat habis. 

 

  1. Mesin Tak Gampang Aus 

 

Dengan menggunakan BBM beroktan tinggi, artinya kita juga memberikan perawatan yang baik pada mesin. Mesin yang bekerja sesuai kapasitasnya membuat umurnya jadi makin panjang alias gak gampang aus. 

 

  1. Lebih Irit

 

Meski menggunakan BBM beroktan tinggi kesannya lebih mahal, tetapi pada akhirnya justru jadi makin irit lho. Pasalnya, mesin jadi terawat dengan baik sehingga berumur panjang. Dengan demikian, biaya kontrol dan perbaikan mesin jadi semakin berkurang. 

 

Itu dia beberapa kelebihan BBM beroktan tinggi yang penting untuk diketahui. Setiap motor atau mobil sendiri memiliki anjuran penggunaan bahan bakar dengan kadar oktan yang sudah ditentukan pabrikan. Baiknya, gunakan BBM sesuai petunjuk, jangan pilih yang lebih murah tetapi justru bisa merusak mesin ya!