Tips Melewati Banjir Bagi Mobil Manual

By Automotive Evalube 26 Apr 2024
 

Bagi pemilik mobil manual, apalagi pemula, mungkin akan deg-degan saat melewati banjir. Dalam keadaan darurat seperti ini, tentu penting memahami apa yang harus dilakukan saat melintasi banjir menggunakan mobil manual. 

 

Yang cukup menantang menggunakan mobil manual adalah harus mengoper gigi secara tepat. Selain itu, kondisi banjir tentu saja semakin merepotkan. Namun, dengan pengetahuan yang tepat tentu hal ini akan jadi lebih mudah. 

 

Berikut beberapa tips melewati banjir dengan mobil manual:

 

  1. Perkirakan Seberapa Tinggi Banjirnya

 

Sebelum melewati banjir, perkirakan dulu seberapa tinggi genangan air. Semakin tinggi air maka semakin besar risiko mobil akan rusak. Sebaiknya jangan melewati banjir jika tingginya melewati setengah ban mobil. Jika banjir terlalu tinggi, baiknya cari jalan alternatif lain. 

 

Jika tak ada pilihan lain selain menerjang banjir maka usahakan agar filter udara tak kemasukan air. Pasalnya, apabila filter udara kemasukan air maka bisa menyebabkan water hammer, kondisi di mana ruang pembakaran kemasukan air dan bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. 

 

  1. Gunakan Gigi 1

 

Cara paling aman saat menerobos banjir menggunakan mobil manual adalah menggunakan gigi 1. Hal ini untuk mencegah genangan air masuk ke knalpot yang bisa menyebabkan kerusakan dan gangguan pada mobil. 

 

  1. Jalankan Mobil Perlahan 

 

Jangan ngebut, lajukan mobil secara perlahan. Gunakan gigi rendah dan kecepatan rendah. Pasalnya, kita tak tahu apakah ada lubang besar dalam banjir atau batu yang bisa membahayakan mobil jika melaju cepat. 

 

  1. Jangan Terlalu Dekat Dengan Kendaraan Di Depan 

 

Beri jarak dengan kendaraan di depan kita. Hal ini untuk mencegah kemungkinan apabila kendaraan di depan kita mendadak berhenti, agar masih ada space mobil kita tetap melaju. Pasalnya, saat mobil berhenti, air bisa masuk ke dalam knalpot. 

 

  1. Apabila Mobil Mogok, Segera Matikan Mesin 

 

Kemungkinan mobil mogok saat digunakan untuk melintasi banjir tentu saja bisa terjadi. Apalagi jika ketinggian air di atas batas aman. Apabila hal ini terjadi, pastikan Anda mematikan mesin ketika mobil mogok. Apabila mesin tetap dinyalakan maka bisa menyebabkan mesin mobil rusak lebih parah. 

 

Setelah itu, berusahalah dorong mobil untuk keluar dari banjir. Jika hal ini tak mungkin dilakukan maka baiknya segera hubungi teknisi agar bantuan segera datang. 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melewati banjir bagi mobil manual. Pastikan setelah melewati banjir periksa komponen mobil agar tak ada kerusakan ya.