Tips Atasi Oli Mesin Mobil Berlumpur, Haruskah Turun Mesin?

By Automotive Evalube 14 Mei 2024
 

Oli mesin dalam mobil sangat penting fungsinya karena bekerja sebagai pelumas agar mesin tak mudah panas. Karena fungsinya yang penting, pemilik mobil disarankan untuk tak lupa mengganti oli secara berkala. 

 

Pasalnya, apabila abai dalam mengganti oli mesin bisa menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya adalah oli mobil yang berlumpur. Lumpur ini berasal dari oli yang terkontaminasi kotoran yang terus menumpuk hingga membentuk endapan lumpur. 

 

Oli berlumpur yang terus dibiarkan akan berakibat fatal. Masalah pertama yang biasanya muncul adalah pompa tersumbat sehingga distribusi oli tak merata yang berakibat pada kinerja mesin tak optimal. Pada jangka panjangnya, masalah ini akan menyebabkan kerusakan pada mesin. 

 

Opsi yang sering disarankan oleh teknisi pada kasus oli berlumpur adalah turun mesin. Apalagi jika lumpur yang terjadi sudah sangat parah. Tetapi, jika tak ingin turun mesin adakah opsi lain dari oli mesin berlumpur? 

 

Berikut ini opsi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi oli berlumpur: 

 

  1. Semprot Bensin 

 

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah oli mesin berlumpur adalah dengan disemprot dengan bensin. Bensin memiliki kemampuan untuk merontokkan lumpur pada mesin. 

 

Cara yang dilakukan adalah dengan membuka dulu bagian cover klep dan bak oli. Kemudian semprotkan bensin pada bagian mesin yang terkena endapan lumpur. 

 

Perlu dicatat, meski terkesan mudah jangan lakukan hal ini sendiri. Pastikan konsultasikan dengan teknisi terlebih dahulu dan biarkan ahlinya yang melakukan. 

 

  1. Engine Flush 

 

Engine flush biasanya disarankan oleh teknisi saat masalah oli berlumpur ini belum terlalu parah. Engine flush adalah sejenis obat yang berfungsi untuk mengatasi masalah kotoran pada oli yang masih di tahap awal. 

 

Sayangnya, engine flush justru berbahaya apabila dilakukan pada masalah oli berlumpur yang sudah di tahap parah. Hal tadi disebabkan engine flush justru akan memperparah kondisi tersebut. Untuk itu, baiknya konsultasikan dengan teknisi masalah oli berlumpur terlebih dahulu. 

 

Cara paling baik adalah dengan mencegah terjadinya oli berlumpur dengan rajin mengganti oli secara berkala. Selain itu, penting juga untuk menggunakan oli dengan kualitas yang apik. 

 

Gunakan Evalube yang tersedia di berbagai bengkel terdekat yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya.