Penyebab Mabuk Perjalanan, Apa Salah Mobilnya?

By Administrator 17 Agu 2023
 

Mabuk perjalanan adalah kondisi di mana seseorang mengalami mual, pusing hingga akhirnya muntah saat berkendara. Mabuk kendaraan ini tak hanya terjadi pada anak-anak, tetapi juga bisa pada orang dewasa.

Mabuk kendaraan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Yang jelas, jika sudah mabuk, pasti terasa tidak nyaman dan perjalanan terasa tak bisa dinikmati lagi.

Bagi pengguna mobil, ada beberapa penyebab mabuk perjalanan yang biasa terjadi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kondisi fisik tidak fit

Terlalu lelah atau sedang tak sehat bisa juga menjadi penyebab mabuk kendaraan. Selain fisik yang lelah, ternyata sedang merasa cemas dan stres juga bisa memicu seseorang mengalami mabuk kendaraan.

2. Mobil terlalu kencang

Faktor dari mobil juga bisa menyebabkan mabuk kendaraan seperti laju mobil yang terlalu kencang. Laju mobil yang terlalu kencang bisa memengaruhi keseimbangan seseorang, sehingga menimbulkan motion sickness.

Sopir yang mengemudi dengan ‘kasar’, seperti mendadak belok atau mengerem tiba-tiba juga bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Apalagi jika medan yang dilalui tidak rata.

Saat di medan yang tak rata, baiknya sopir berkendara dengan pelan agar keseimbangan penumpang tak terganggu.

3. Konsumsi makanan dan minuman tak sehat

Makanan pedas, berlemak, terlalu asam yang dikonsumsi sebelum naik mobil juga bisa menyebabkan mabuk kendaraan. Untuk itu, disarankan makan tidak terlalu kenyang sebelum berkendara dan makanlah makanan yang sehat.

4. Suhu mobil

Pastikan suhu mobil sesuai dengan tubuh Anda. Ada orang yang tidak kuat dengan dingin sehingga mudah masuk angin.

Sementara itu, suhu terlalu panas juga bisa menyebabkan tubuh cepat kelelahan dan berakibat pusing serta dehidrasi.

5. Bermain gadget dalam mobil

Membaca atau bermain gadget dalam mobil bisa membuat jadi pusing hingga mabuk kendaraan. Untuk itu hindari menggunakan ponsel atau membaca dalam mobil.

Selain itu, pencahayaan di dalam mobil yang terlalu gelap juga bisa memicu kepala sakit dan cepat lelah. Di sisi lain pencahayaan terlalu terang bisa menyebabkan pusing. Untuk itu, cahaya juga harus diatur dalam keadaan cukup tak kurang dan tak berlebihan.

Itu dia beberapa penyebab mabuk kendaraan yang biasanya terjadi. Pastikan tubuh dalam kondisi fit saat akan menempuh perjalanan jauh dengan mobil agar terhindar dari mabuk kendaraan.