Baut Roda Slek, Begini Cara Pasang Copot yang Tepat

By Administrator 21 Nov 2022
 

Bagi pemilik kendaraan memang penting untuk memiliki skill melepas dan memasang baut. Karena, meski terdengar sepele baut pada pengikat roda fungsinya sangatlah penting. Jika baut itu terlepas, roda bisa berada tidak pada tempatnya dan bisa membahayakan pengendara.

Untuk membuka baut di roda mobil dibutuhkan kunci roda yang sesuai dengan ukuran baut roda. Harus sesuai karena lepas-pasang baut ada aturannya. Salah sedikit atau ada perbedaan penggunaan toolkit bisa berakibat buruk. Bisa membuat baut menjadi slek.

Jika baut sudah slek maka daerah sekitarnya akan berkarat. Jika sudah demikian diberi cairan anti karat pun tetap akan mengurangi performa kerja baut.

Tahapan pertama yang mesti dilakukan saat akan melepas baut roda adalah, lepaskan dulu dop (penutup) baut roda dengan tool penjepit.

Tool penjepit tersebut sudah tersedia di toolbox. Kemudian gunakan kunci roda yang tersedia di mobil untuk membuka baut roda tersebut. Biasanya digunakan kunci roda ukuran 17 atau 19.

Saat pasang baut roda, putar peranti pengunci dengan menggunakan jari tangan terlebih dahulu. Alasannya, pakai tangan untuk memastikan baut sudah di posisi alur ulir di rumah roda sudah tepat.

Pemicu lain kerusakan baut roda dapat pula disebabkan oleh tindakan yang salah saat proses lepas-pasang. Seperti yang sering dilihat yaitu menggunakan kaki atau dengan bantuan pipa bulat. Jika posisinya tidak center, hal itu justru menyebabkan bagian luar baut dol pasca momen puntir berlebihan.

Sebenarnya, cara paling ideal adalah dengan kunci momen (torque wrench). Alat ini bisa memastikan kekencangan baut dengan kebutuhan. Hanya saja alat ini bukan peralatan standar di mobil. Dan menyiasatinya cukup dengan kekuatan tangan hingga maksimal, atau pakai batang kunci roda sesuai ukuran standar pabrik.