Tanda Turbo Mobil Bermasalah

By Administrator 14 Agu 2023
 

Turbo adalah perangkat sistem induksi paksa (forced induction system) yang berfungsi menambah tenaga mesin dengan memanfaatkan gas buang yang berasal dari mesin.

Turbo biasanya digunakan oleh mobil dengan mesin diesel. Penggunaan turbo ini memiliki tujuan untuk meningkatkan tenaga mesin sekaligus membuat suara mesin menjadi lebih halus.

Seperti komponen lainnya, turbo pada mesin bisa juga rusak karena berbagai faktor. Di antaranya karena filter udara yang kotor, seal rusak, atau bisa juga karena buruknya kualitas oli yang digunakan.

Nah, ketika turbo ini rusak biasanya mobil akan memberikan tanda-tanda tertentu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lampu indikator mesin menyala

Meski biasanya mobil diesel ini tergolong lawas, tetapi sekarang sudah banyak mobil diesel yang menggunakan teknologi canggih. Salah satunya adalah lampu indikator.

Ketika terjadi kerusakan pada turbo, bisa dideteksi dari lampu peringatan di meter cluster yang menyala. Jika sudah muncul peringatan ini sebaiknya segera periksa kerusakan apa pada turbo, bisa dilakukan sendiri bila paham. Jika tidak, segera ke bengkel mobil terpercaya.

2. Akselerasi mesin lambat

Gejala ini mungkin jadi yang paling bisa langsung dirasakan oleh pengendara. Ketika terjadi masalah pada turbo berakibat pada akselerasi mesin yang menjadi lambat. Ketika mobil dipacu pada kecepatan tinggi, pengendara akan merasakan kesulitan untuk mempertahan kecepatan.

Hal ini disebabkan karena mobil dengan mesin turbo biasanya memiliki mesin yang cenderung lebih kecil dari mobil non-turbo. Sehingga saat terjadi kerusakan pada turbo, beban yang ditanggung mesin jadi terlalu besar.

3. Muncul gas berlebihan dari knalpot

Jika muncul asap berwarna biru pekat atau abu-abu dari mesin turbo maka patut waspada ada kerusakan pada turbo.

Munculnya asap berlebihan dan berwarna pekat ini biasanya disebabkan karena pembakaran oli yang masuk ke sistem turbo lewat retakan segel internal atau turbo housing yang mengalami masalah atau rusak. Segera bawa bengkel jika sudah demikian, pasalnya selain karena masalah pada turbo, munculnya gas berlebihan dan berwarna pekat ini bisa juga disebabkan karena masalah lain pada mesin atau sistem pembuangan.

4. Mesin jadi berisik

Turbo yang rusak biasanya membuat suara mesin jadi lebih berisik dari biasanya. Pasalnya, seperti diterangkan di atas bahwa fungsi dari turbo itu untuk menghaluskan bunyi mesin.

Jadi, ketika turbo rusak maka ia tak bisa berfungsi secara maksimal sehingga mesin memunculkan suara berisik. Jika sudah demikian tentu membuat pengendara merasa tak nyaman jika tak segera diperbaiki.

5. Kerak pada mesin

Munculnya kerak pada mesin turbo juga bisa menjadi tanda ada kerusakan pada turbo. Munculnya kerak ini dikarenakan detergen pada oli mesin tak berfungsi secara maksimal untuk membilas jelaga yang timbul karena pembakaran.

Saat muncul kerak pada mesin baiknya segera bersihkan agar tidak menghambat proses pembakaran dan menyebabkan penggunaan bensin jadi lebih boros.

Itu dia beberapa tanda turbo pada mesin mobil mengalami kerusakan.

Untuk menjaga performa turbo mobil Anda baiknya dirawat dengan menggunakan oli berkualitas. Pasalnya, penggunaan oli yang tidak tepat juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya turbo.

Gunakan oli Evalube yang memiliki kualitas tinggi dan bisa didapat di bengkel terdekat. Pastikan menggunakan oli yang tepat untuk merawat mobil Anda.