Tanda Alternator Mobil Bermasalah, Awas Terlewat

By Administrator 23 Jan 2024
 

Alternator mobil adalah komponen yang harus diperhatikan kondisinya karena fungsinya cukup penting. Alternator merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk membangkitkan mesin mobil.

Apabila terjadi masalah pada alternator maka bisa mengganggu kinerja aki sehingga mobil akan sulit atau bahkan tak bisa dinyalakan. Untuk itu, penting memahami ciri-ciri saat terjadi masalah pada alternator.

Berikut ini ciri-ciri terjadi kerusakan pada alternator.

1. Ada Bau Terbakar

Alternator merupakan salah satu pembangkit listrik pada mesin mobil. Ketika terjadi masalah pada alternator bisa ditandai dengan munculnya bau terbakar. Hal ini disebabkan karena mesin bekerja terlalu keras dan aki menolak bekerja sesuai perintah.

Alternator berperan pada proses pengisian setrum aki. Saat ia bermasalah maka aki tak bisa bekerja maksimal. Untuk itu, jika sudah tercium bau terbakar, baiknya periksa bagian alternator.

2. Suara Decitan

Saat muncul suara mencurigakan seperti decitan pada mesin, bisa jadi juga merupakan tanda ada kerusakan pada alternator. Suara ini muncul karena adanya komponen yang terpelintir.

Baiknya segera bawa mobil ke bengkel saat muncul suara decitan pada mesin mobil. Kemungkinan ada masalah dengan alternator.

3. Lampu Sorot Redup

Meski redupnya lampu sorot belum tentu jadi tanda kerusakan alternator, tetapi bisa saja juga jadi pertanda ada masalah pada alternator yang menyebabkan suplai listrik berkurang sehingga lampu jadi redup.

4. Lampu Indikator Menyala

Lampu indikator juga akan menyala saat terjadi masalah pada alternator. Lampu indikator ini akan langsung merujuk pada kondisi alternator. Segera bawa mobil ke bengkel saat lampu indikator menyala.

5. Cek Aki Alias Baterai

Kerusakan pada alternator akan langsung berdampak pada aki. Tetapi, harus dibedakan baterai yang rusak atau sistem alternatornya gagal.

Cara membedakannya adalah dengan menghidupkan kendaraan dengan aki dalam kondisi terhubung dengan jumper. Kemudian lepas kabel yang terhubung pada jumper, apabila mesin masih hidup maka ada masalah pada aki. Sedangkan ketika dicabut mesin mati maka masalahnya pada alternator.

Itu dia beberapa ciri kerusakan pada alternator mobil. Segera bawa ke bengkel jika beberapa ciri tersebut dirasakan ya.