Jangan Panik, Ini Penyebab Oli Berubah Warna

By Administrator 08 Sep 2021
 

Mungkin bagi yang belum paham, akan panik ketika oli bekas yang keluar dari motor mengalami perubahan warna padahal sebelumnya berwarna hitam. Kebanyakan dari fenomena ini adalah berubah menjadi warna merah. Hal yang terjadi pada mesin motor yang berubah warna disebut dengan fenomena fuel dilution.

Biasanya fenomena fuel dilution ini bisa didiagnosis dengan warna oli yang berubah sesuai dengan warna bahan bakar yang digunakan. Namun kasus yang kerap ditemui adalah warna oli yang sebelumnya hitam berubah menjadi merah.

Singkatnya, fuel dilution terjadi karena tercemarnya oli oleh bahan bakar yang digunakan. Hal ini diungkapkan oleh Bapak Tri Yuswidjajanto Zaenuri dari ITB sebagai ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara dalam salah satu wawancaranya bersama Otomania.

Hal ini dikarenakan bahan bakar dengan kandungan oktan yang tinggi masuk ke motor yang memiliki kompresi kecil, hal tersebut menyisakan bensin pada dinding piston. Sisa bahan bakar yang tidak masuk ke ruang pembakaran bisa menyusup masuk ke tempat oli lewat celah piston.

Bahan bakar sisa tersebut tentu mencemari kondisi oli dan membuat oli akan lebih encer. Sekali lagi, fenomena itu disebut dengan fuel dilution. Berdasarkan banyaknya kasus yaitu oli berubah menjadi warna merah, itu berarti bensin Pertamax yang masuk ke tangki motor masih tergolong tinggi untuk motor.

Biasanya kejadian ini terjadi pada motor dengan kompresi rendah namun diisi dengan bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi. Fenomena ini akan diperparah jika bau bensin pada oli cukup menyengat. Kalau hanya oli yang mengalami perubahan warna, itu tandanya fuel dilution masih belum tergolong parah.

Fenomena fuel dilution sudah termasuk parah ketika oli mesin sudah tercium aroma bensin yang cukup pekat. Jika dua ciri fuel dilution di atas sudah terjadi pada oli motor, maka pemilik motor harus waspada. Coba ganti oli motor terbaik dari Evalube dan yang terpenting ganti pilihan bahan bakar yang nilai oktannya setara dengan rasio kompresi motor.

Sebab jika oli mesin terlalu sering mengalami fuel dilution, maka kemampuan oli mesin dalam melindungi gesekan akan tidak maksimal, alhasil gesekan yang terjadi antar komponen pada mesin semakin tidak terbendung.

Untuk itu oli juga mesti diganti dengan oli motor terbaik, yang kali ini ada rekomendasi untuk kebutuhan untuk Anda semua, dan Evalube hadir menjadi yang paling depan soal oli motor terbaik untuk motor manual maupun matic. Berikut adalah rekomendasi oli untuk motor manual dan matic dari Evalube.

Evalube Pro Racing Full Synthetic
Oli evalube ini merupakan oli motor terbaik yang dirancang dengan teknologi sintetis terbarukan khusus untuk mesin 4-tak racing. Salah satu oli motor terbaik dari evalube ini mampu menambah tenaga dan meningkatkan akselerasi, serta mampu menjaga kestabilan oksidasi.

Evalube Scootic RX
Oli Evalube jenis ini cocok untuk masuk ke semua varian motor skutik. Teknologi dalam formulasinya mampu menjaga suhu optimal pada mesin serta mesin bisa bekerja maksimal. Kekentalannya pun cukup kuat pada suhu tinggi.Kedua produk Evalube tersebut bisa dipilih sesuai dengan jenis kendaraan. Karena pelumas akan bekerja dengan baik, jika formula di dalam oli menemukan mesin yang pas. Mengingat cukup banyak varian oli motor terbaik yang dikeluarkan oleh Evalube tentu hal tersebut menjadi salah satu tujuannya.