Sebab dan Akibat Oli Rembes Ke Ruang Bakar

By Administrator 09 Nov 2022
 

Oli yang merembes atau masuk ke ruang bakar mobil bisa berakibat fatal. Oli merembes ke ruang bakar bisa terjadi pada mobil yang menggunakan bahan bakar bensin. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya asap putih pada knalpot dan
mengganggu kinerja busi.

Ada beberapa penyebab oli bisa merembes ke ruang bakar. Berikut beberapa di antaranya:

1. Seal Klep/Katup Bocor Atau Rusak

Pada klep, terdapat sebuah seal dari karet yang fungsinya untuk mencegah oli dari kepala silinder masuk ke dalam manifold. Manifold ini berhubungan dengan ruang bakar, otomatis saat terjadi kebocoran, oli akan masuk ke ruang bakar.

Oli akan melumuri seluruh permukaan ruang bakar termasuk busi di ruang bakar. Oli akan ikut terbakar saat busi menyala, sisa pembakaran ini yang akan menimbulkan asap putih dari knalpot.

2. Ausnya Ring Piston

Kondisi ring piston yang aus berpotensi membuat oli masuk ke ruang bakar. Seperti diketahui, ring piston terdiri dari sedikitnya tiga buah ring. Ring ini berfungsi untuk merapatkan gap antara piston dan silinder yang berfungsi memaksimalkan tekanan kompresi dan menjaga oli tetap aman.

Salah satu ring berfungsi untuk menahan oli. Ring ini yang biasanya mengalami keausan dan menyebabkan oli merembes ke ruang bakar. Penyebab keausan ini bisa disebabkan karena pemakaian oli yang tak sesuai. Untuk itu, penting untuk menggunakan oli terbaik demi kendaraan Anda.

3. Salah Memasang Ring Piston

Pemasangan ring piston yang salah juga bisa menyebabkan oli merembes ke ruang bakar. Di dalam ring piston ada bagian yang berfungsi untuk melepas dan memasang ring pada piston. Bagian ini biasanya berbentuk terbuka seperti cincin.

Kesalahan pemasangan pada bagian ini bisa menyebabkan oli masuk melalui celah yang sejajar dan merembes ke ruang bakar.

4. Silinder Aus

Silinder aus juga sama bahayanya dengan ring piston yang aus. Silinder yang aus menyebabkan melebarnya celah antara ring piston dan dinding silinder. Akibatnya, oli bisa merembes ke ruang bakar melalui celah ini.

Gejala merembesnya oli ke ruang bakar yang disebabkan oleh ausnya ring piston atau silinder yakni tenaga mesin drop dan mesin sulit dihidupkan.

Selain beberapa sebab di atas, merembesnya oli ke ruang bakar bisa juga disebabkan oleh kebocoran pada bagian gasket. Faktor umur pemakaian dan salah pemasangan gasket bisa menjadi penyebab kerusakan ini.

Rembesnya oli ke ruang bakar ini bisa menyebabkan oli cepat habis karena ikut terbakar. Akibatnya, mesin bisa cepat panas atau overheating karena jumlah oli yang berkurang. Selain itu, komponen yang lain juga akan cepat aus karena tidak terlumasi dengan baik.

Untuk itu, jika Anda menemukan busi terlumasi dengan oli yang jadi penanda rembesnya oli ke ruang bakar, segera lakukan pemeriksaan lanjutan. Pastikan lakukan servis dan ganti oli berkala, gunakan oli terbaik untuk mesin motor Anda sebagai pencegahan.