Cara Atasi Motor Mogok setelah Lewati Banjir

By Automotive Evalube 01 Mar 2024
 

Intensitas hujan yang mulai tinggi di beberapa titik di Indonesia membuat kita perlu berhati-hati banjir datang. Pasalnya, beberapa wilayah menjadi tempat langganan banjir. 

 

Salah satu yang harus diwaspadai ketika air tinggi adalah kendaraan bermotor bisa saja mogok jika dipaksa melewatinya. Sayangnya, dalam beberapa kondisi kita bisa saja terpaksa tetap mengendarai motor untuk menerobos banjir.

 

Apabila sudah terlanjur menerobos banjir dan motor didapati mogok setelahnya, ada beberapa langkah yang baiknya dilakukan. Berikut beberapa di antaranya: 

 

  1. Tetap Tenang 

 

Menghadapi situasi seperti ini tentu saja tidak mudah, tetapi bukan berarti kita harus panik. Tenang adalah hal pertama yang harus kita lakukan agar tetap bisa berpikir jernih dan tidak memperburuk keadaan. 

 

Kemudian, carilah tempat aman di mana motor tidak terendam banjir. Letakkan motor seaman mungkin dengan posisi motor tak mengganggu kendaraan lain. 

 

  1. Keringkan Busi 

 

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah memeriksa busi. Lepas busi dan segera keringkan. Setelah itu coba kick starter beberapa kali tanpa menggunakan busi. Pastikan motor sudah kering saat melakukan ini ya. Setelah itu, pasang kembali busi. 

 

Untuk itu, penting sekali membawa kunci busi karena bisa saja tiba-tiba dibutuhkan dalam kondisi seperti ini. Letakkan kunci busi di bagasi motor. 

 

  1. Periksa Filter Karburator 

 

Memeriksa filter karburator sangat penting karena saringan udara tak boleh terkena air. Segera keringkan apabila bagian ini banyak air. Adanya air pada filter karburator akan membuat mesin tak mau menyala.

 

  1. Periksa Knalpot 

 

Air yang masuk knalpot biasanya disebabkan karena pengendara mengurangi gas saat menerobos banjir sehingga air tersedot ke dalam knalpot. Jika ada air di dalam knalpot tentunya akan membuat motor mogok. 

 

Untuk mengatasi masalah ini, standarkan tengah motor kemudian posisikan bagian belakang motor lebih rendah agar air dalam knalpot keluar. 

 

  1. Panaskan Motor 

 

Langkah terakhir yang dilakukan adalah memanaskan motor. Coba gunakan kick starter atau manual starter beberapa kali dalam posisi kunci off. Setelah itu, nyalakan kunci kemudian cobalah menghidupkan mesin. 

 

Apabila langkah di atas tidak berhasil, segera bawa sepeda motor ke bengkel terdekat karena berarti ada masalah lain yang terjadi. Selamat mencoba!