Risiko Tak Pernah Mencuci Helm, Jangan Disepelekan

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Helm adalah pelindung kepala yang sangat vital bagi pengendara motor. Fungsinya memang sangat penting sehingga penggunaannya pun diatur oleh Undang Undang. 

 

Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan dengan keberadaan helm. Tak sedikit juga pengendara yang mengabaikan kebersihannya. 

 

Mencuci helm sepertinya masih jadi salah satu kegiatan yang jarang dilakukan pengendara. Padahal, helm yang kotor bisa memiliki efek berbahaya bagi pengendara. 

 

Risiko bagi helm yang jarang dicuci adalah helm bisa jadi sarang bakteri dan kuman hingga menimbulkan penyakit. Yang paling mungkin adalah terjadinya reaksi alergi karena material pada helm yang jarang dicuci. 

 

Selain itu, helm yang jarang dibersihkan akan mengeluarkan bau tak sedap sehingga bisa mengganggu kenyamanan berkendara. Orang lain pun bisa ikut terganggu karena aromanya. 

 

Berikut ini cara membersihkan helm agar senantiasa bersih dan sehat: 

 

  1. Buka Helm 

 

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan helm adalah membuka bagian helm. Yakni bantalan dan penutup pipi agar lebih mudah dibersihkan secara menyeluruh. 

 

  1. Bagian Luar 

 

Yang perlu dibersihkan lebih dulu adalah bagian luar helm. Untuk membersihkannya bisa menggunakan sabun lembut dan spons. Bisa menggunakan shampo atau sabun khusus untuk helm. 

 

  1. Bagian Dalam 

 

Cucilah bagian dalam menggunakan cairan sabun yang ringan. Cuci bagian bantalannya hingga bersih dan keringkan. Jika bagian tali juga kotor, cuci dan sikatlah perlahan. 

 

Setelah helm bersih dan kering pastikan juga menyimpan helm di tempat yang tepat. Pastikan menyimpan helm di tempat yang kering. Hindari tempat yang lembab atau terlalu panas.