5 Tips Merawat Mobil di Bulan Puasa

By Automotive Evalube 15 Apr 2024
 

Menjaga mobil tetap prima selama bulan Ramadan sangatlah penting. Pasalnya, berkendara saat berpuasa lebih menantang karena tubuh lebih lemas dan biasanya rentan terhadap kantuk. 

 

Untuk itu, kondisi mobil haruslah prima agar berkendara tak ada halangan. Apalagi kondisi jalanan yang biasanya macet di waktu sore saat bulan Ramadan, tentunya membutuhkan kondisi mobil yang apik untuk melewatinya. 

 

Berikut ini beberapa tips merawat mobil di bulan Ramadan: 

 

  1. Jangan Lupa Ganti Oli Mesin 

 

Oli mesin harus diganti secara berkala dan tak boleh sampai terlambat. Pasalnya, oli mesin penting untuk melumasi komponen mesin agar tetap bekerja secara optimal. Apabila terlambat mengganti oli mesin, bisa menyebabkan komponen mengalami kerusakan hingga overheating. 

 

  1. Gunakan Oli Berkualitas 

 

Gunakan selalu oli berkualitas untuk mesin mobilmu. Jangan menggunakan oli sembarangan yang kualitasnya tak terjamin. Gunakan Evalube yang terjamin kualitasnya dan mudah dicari di bengkel terdekat. 

 

Selain itu, jangan sampai menggunakan oli palsu karena bisa merusak mesin. Pastikan membeli oli di tempat terpercaya. 

 

  1. Periksa Kondisi Ac 

 

Saat puasa, tentu saja lebih nyaman berkendara di dalam mobil yang sejuk. Untuk itu, penting untuk memastikan AC bekerja secara maksimal. Segera hubungi teknisi apabila AC dirasa kurang dingin atau bermasalah. 

 

  1. Pastikan Ban Tidak Kurang Angin 

 

Ban kadang kala jadi komponen yang kurang diperhatikan. Padahal, ban sangat penting untuk selalu dalam kondisi tekanan angin yang pas. Jangan sampai kurang angin dan jangan sampai kelebihan. 

 

  1. Jangan Lupa Servis Berkala 

 

Servis mobil sangat penting agar segera diketahui apabila ada komponen yang rusak atau aus. Dengan demikian, kita bisa segera menggantinya atau menentukan langkah antisipasi. 

 

Itu dia beberapa tips merawat mobil di bulan Ramadan agar mobil tetap prima. Selamat menunaikan ibadah puasa ya!