Ini Kelebihan Motor Kopling Dibanding Skutik

By Administrator 05 Des 2023
 

Motor matic atau skutik kini masih bertahan jadi idola banyak orang. Skutik dinilai lebih simpel dan mudah dikendarai. Selain itu, skutik juga dinilai lebih modern.

Motor kopling kini perlahan mulai ditinggalkan karena dinilai jadul dan sulit dikemudikan. Namun, motor kopling ini sebenarnya memiliki banyak keunggulan lho dibanding skutik.

Motor kopling memang tidak praktis, poin ini bisa jadi kekurangannya. Tetapi, ada beberapa keunggulan dari motor kopling yang perlu dipertimbangkan.

Berikut beberapa keunggulan motor kopling dibandingkan dengan skutik:

1. Perawatan Lebih Mudah

Meski lebih praktis saat dikendarai, merawat motor matic sedikit lebih ribet daripada motor kopling. Merawat motor kopling yang perlu dilakukan seputar ganti oli dan setel rantai, tak perlu mengganti oli transmisi.

Hal yang repot dan terbilang agak mahal adalah saat waktunya membongkar CVT, belum lagi jika perlu mengganti roller dan v-belt. Biasanya waktu gantinya kalau sudah menempuh jarak 16 sampai 24 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun.

2. Engine Brake Lebih Oke

Kelemahan motor matic adalah saat dikendarai melewati turunan panjang akan cukup sulit dan melelahkan. Hal ini karena engine brake motor matic sangat bergantung pada putaran ban. Sehingga, saat melintasi turunan panjang harus terus bergantian menarik tuas rem-belakang sambil terus membuka gas sedikit.

Sementara pada motor kopling, cukup gampang karena adanya gigi persneling dan bantuan kampas kopling. Dengan teknik engine brake, beban pengereman akan berkurang. Caranya dengan memasukkan gigi rendah. Kecepatan motor akan tertahan putaran mesin, kemudian supaya tak terlalu menghentak bisa sambil menarik sedikit dan menahan tuas kopling. Catatannya adalah jangan menggantung kopling terlalu lama karena berakibat buruk pada kampas koplingnya.

3. Perawatan Lebih Murah

Selain lebih mudah, merawat motor kopling juga lebih murah. Komponen yang dibutuhkan motor kopling lebih sedikit jadi biaya perawatannya lebih murah. Motor kopling hanya butuh servis rutin dan ganti pelumas secara berkala.

Itu dia beberapa keunggulan dari motor kopling. Keamanan dari motor kopling juga lebih tinggi karena tangan kiri pengguna motor kopling selalu siap menggenggam tuas kopling untuk kontrol laju motor.

4. Kendali Penuh Pada Gigi Transmisi
Perpindahan gigi pada motor bisa sesuai preferensi. Baik ingin mempercepat atau memperlambat, semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara. Menyesuaikan tenaga motor saat ingin menyalip atau melewati jalan menanjak juga menjadi lebih leluasa karena pengendara motor dapat mengatur sendiri gigi yang akan dipakai.