Rantai Motor Berisik, Apa Penyebabnya?

By Administrator 10 Mei 2023
 

Biasanya rantai akan mengeluarkan berisik saat usia pemakaiannya sudah lama. Padahal, rantai adalah komponen vital dalam sepeda motor. Rantai berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari poros engkol ke roda belakang.

Jika perawatannya tak diperhatikan, biasanya rantai motor akan lebih cepat rusak dan mengeluarkan suara berisik yang tak mengenakkan.

Nah, berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan rantai mengeluarkan suara berisik:

1. Rantai motor aus

Usia pemakaian akan menyebabkan rantai motor lama-lama aus. Apalagi pada motor yang sering dipakai dalam keseharian, biasanya akan lebih cepat aus. Selain itu, motor yang dipakai pada jalanan yang tak rata juga akan membuat rantai menjadi lebih cepat aus.

Untuk mengeceknya coba lihat di ujung mata gigi gear. Jika tampak tak rata maka baiknya harus dilakukan penggantian part.

2. Rantai motor karatan

Hayo, siapa yang tak merawat rantai motornya sehingga berkarat? Rantai motor yang berkarat juga akan mengeluarkan suara berisik. Pada rantai yang berkarat harus segera diganti karena artinya rantai sudah keropos dan bisa berbahaya jika putus saat digunakan.

3. Kendur

Rantai motor yang tidak disetel dengan tepat juga bisa menyebabkan bunyi. Seperti rantai motor yang disetel terlalu kendur misalnya bisa menyebabkan bunyi yang mengganggu.

Untuk itu, penting untuk menyetel ketegangan atau jarak main bebas pada rantai saat melakukan servis rutin. Kendurnya rantai pada sepeda motor biasanya disebabkan oleh dua faktor. Yakni rantai kurang perawatan dan salah saat menyetel.

4. Kotor

Rantai motor yang kotor juga bisa menyebabkan adanya bunyi berisik. Rantai motor biasanya akan lebih kotor pada musim penghujan.

Untuk membersihkannya bisa menggunakan cairan pembersih khusus rantai atau bisa juga menggunakan sabun cream biasa jika tak ada. Setelah rantai bersih, oleskan pelumas atau chain lube agar gesekan antar rantai jadi lebih halus.

5. Kering

Ternyata rantai motor juga bisa menjadi kering sehingga menimbulkan bunyi berisik ketika digunakan. Rantai motor yang kering biasanya disebabkan karena motor baru digunakan untuk melewati area berair cukup lama, seperti banjir.

Sama seperti pada rantai motor yang kotor, segera bersihkan rantai yang kering kemudian oleskan pelumas khusus. Jangan gunakan oli bekas karena justru akan membuat rantai cepat korosi.