Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Ingin Upgrade Audio Mobil

By Automotive Evalube 23 Mei 2024
 

Audio di dalam mobil bisa menjadi hal yang sangat penting bagi beberapa orang. Apalagi bagi pengendara mobil yang suka berkendara sambil mendengarkan lagu di jalan.

Memiliki sistem audio yang berkualitas tentunya bakal bikin perjalanan makin nyaman. Apalagi bagi pengendara yang sering terjebak macet, tentunya mendengarkan audio yang berkualitas bisa bikin macet lebih tak membosankan.

Tak heran jika banyak orang ingin upgrade atau memodifikasi audio di dalam mobilnya. Tujuannya tentu saja agar mendapatkan kualitas audio sesuai dengan yang diinginkan.

Akan tetapi, sebelum mengupgrade audio mobil sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Kelistrikan

Sistem kelistrikan harus benar-benar dicek sebelum memutuskan memodifikasi audio. Pasalnya, jika terjadi masalah maka bisa menyebabkan korsleting saat pemakaian. Untuk itu, pastikan tak ada masalah pada kelistrikan untuk mencegah korsleting saat memodifikasi audio.

2. Kabel

Sebenarnya ini masih masuk dalam sistem instalasi kelistrikan, termasuk segi kabel di dalamnya. Saat pemasangan, baiknya mekanik memperhatikan instalasi kabel agar hasil audionya juga maksimal.

3. Penempatan Komponen

Penempatan komponen-komponen harus tepat. Hal ini biasanya disebut sebagai treatment. Misalnya, penempatan aki, power, subwoofer, kabel, dan komponen lainnya harus pada posisi yang tepat. Jangan sampai ada kabel tergulung yang ditempatkan sembarangan. Ini bisa berbahaya karena bisa menyebabkan kebakaran.

4. Lakukan Secara Bertahap

Tidak perlu upgrade audio langsung satu set tetapi bisa dilakukan secara bertahap. Hal ini juga untuk melakukan penyesuaian dengan mobil. Pastikan komponen yang digunakan cocok dengan mobil.

5. Aki

Saat akan upgrade audio baiknya juga memperhatikan aki bawaan mobil. Untuk upgrade sound system dengan daya lebih dari 10 ribu watt tentu saja diperlukan aki tambahan. Sementara jika sound systemnya di bawah 10 ribu watt, tak perlu aki tambahan, masih bisa menggunakan aki standar.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan upgrade audio. Untuk pemakaian harian, sebaiknya menggunakan yang dayanya di bawah 10 ribu watt.