Mitos atau Bukan? Oli Mesin Mobil Harus Diganti Saat Pagi

By Administrator 11 Sep 2021
 

Secara umum fungsi oli adalah untuk melumasi mesin kendaraan. Lebih jelas, oli bertugas untuk melumasi setiap komponen yang ada pada mesin dan juga partikel yang terdapat di dalam mesin. Kinerja tiap komponen di dalam mesin harus dibuat seringan mungkin. Agar langkah kerjanya lebih mudah sehingga performa yang dihasilkan juga sesuai dengan ekspektasi pengendara.

Oli juga wajib diganti secara berkala pemakaiannya, tak terkecuali oli mesin mobil. Bertujuan agar mobil tetap mampu bekerja dengan maksimal dan menjaga umur mesin mobil.

Bicara tentang ganti oli, banyak pengendara yang beranggapan bahwa waktu ganti oli terbaik adalah saat pagi hari. Mitos tersebut berdasar dengan anggapan bahwa oli mesin mobil akan turun dengan maksimal ketika mobil belum dihidupkan. Karena secara umum mobil tidak dinyalakan saat malam hari. Barulah saat pagi hari dianggap sebagai waktu paling tepat untuk menguras semua oli bekas.

Mungkin saja pengendara yang membenarkan hal tersebut berpikiran jika mesin dibiarkan dingin, oli akan turun ke bagian bawah. Sehingga jika terlalu lama maka oli bekas akan terkumpul semua di bagian bawah tempat penampung oli.

Mitos ganti oli di pagi hari adalah yang terbaik sebenarnya tidak terlalu tepat. Karena seberapa lama mobil tidak dihidupkan maka tidak ada pengaruh terhadap kondisi oli di ruang mesin. Jadi tidak ada waktu khusus yang dibenarkan untuk  penggantian oli agar kualitas oli baru yang masuk menjadi lebih murni. Tidak masalah oli mau diganti kapan saja selama itu sesuai dengan takaran normalnya.

Nah, bicara soal oli mobil, Evalube menjadi brand oli yang direkomendasikan untuk kalian semua dan kali ini hadir untuk menjaga kualitas mesin mobil kesayangan Anda. Terdapat 2 jenis oli mobil berbahan bakar bensin yaitu, Evalube Helios Ultra dan Evalube Helios Super. 

Evalube Helios Ultra SAE 5W-30 API  SN-RC/ILSAC GF-5 adalah oli dengan bahan baku base oil full synthetic dan sudah menggunakan teknologi Veltec untuk kendaraan bahan bakar bensin. Pelumas ini mampu meningkatkan performa mesin, meminimalkan  penguapan dan oksidasi, dan cukup ramah lingkungan dengan emisi gas buang minimal. 

Sementara untuk Helios Super SAE 10W-40, API SN adalah pelumas semi sintetik dengan tingkat kekentalan ganda. Evalube Helios Super ini dibuat dengan menerapkan teknologi veltec, dan oli ini diperuntukan untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, oli ini terbuat dari campuran base oil synthetic ditambah dengan mineral yang juga terdapat adiktif dengan kualitas tinggi. Oli ini memiliki kekentalan ganda yang membuat temperatur mesin lebih optimal dan kebersihan mesin tetap terjaga sehingga performa yang dihasilkan tetap maksimal.

Pengaplikasian kedua oli ini hanya untuk kendaraan roda 4 dengan bahan bakar bensin dan untuk mesin kendaraan generasi 2004 keatas.

Evalube yang sebelumnya fokus pada oli kendaraan motor, pada medio 2011 mulai merangkul pasar oli mobil. Varian Produk Evalube tidak hanya untuk kendaraan bensin, telah tersedia oli Evalube untuk kendaraan diesel. Untuk harga oli mesin mobil Evalube terbilang ekonomis.

Berikut list harga oli mesin mobil Evalube:

  1. Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Super Synthetic, SAE 10W-40, API SN kemasan 1 Liter: Rp65.500
  2. Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Super SAE 10W-40, API SN kemasan 4 Liter: Rp257.000
  3. Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra SAE 5W-30 API  SN-RC/ILSAC GF-5 kemasan 1 Liter: Rp115.000
  4. Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra SAE 5W-30 API  SN-RC/ILSAC GF-5 kemasan 4 Liter: Rp470.000