Penyebab Setir Mobil Miring, Jangan Dibiarkan

By Administrator 15 Nov 2023
 

Setir adalah salah satu komponen paling penting pada mobil. Pasalnya, setir mobil berfungsi untuk menentukan arah laju kemudi. Fungsinya memang sangat vital, sehingga kondisi setir harus selalu dipastikan dalam keadaan baik.

Salah satu masalah pada setir mobil adalah posisinya yang tak lurus. Ada kondisi di mana setir bisa hanya miring ke kiri saja atau ke kanan. Jika sudah demikian, tentu bisa berbahaya jika dipaksakan untuk berkendara dan baiknya harus segera dibawa ke bengkel.

Ada beberapa penyebab setir mobil miring dan tak bisa lurus. Bisa juga karena kecelakaan atau kurangnya perawatan. Berikut lengkapnya alasan setir mobil miring:

1. Jarang Spooring

Spooring adalah salah satu bagian servis yang penting untuk membuat kaki-kaki mobil dan roda-roda mobil kembali normal atau sesuai pengaturan mobil. Jarang melakukan spooring akan membuat setir mobil bisa miring dan ini berbahaya untuk digunakan berkendara.

2. Tie Rod Aus

Penyebab lain setir bisa miring lainnya adalah komponen tie rod yang aus atau ada bagian dari tie rod yang berkarat. Tie rod yang jarang dibersihkan akan berisiko berkarat. Jika terus dibiarkan maka komponen lain bisa ikut rusak seperti understeel.

3. Understeel Rusak

Karat pada tie rod bisa menyebabkan kerusakan pada understeel atau kaki-kaki mobil. Bagian ini berhubungan langsung dengan setir mobil, jadi ketika ada masalah pada kaki-kaki mobil maka setir mobil pun ikut bermasalah menjadi miring atau tidak lurus.

4. Jalan Rusak

Terlalu sering melewati jalur jalan rusak juga berisiko membuat setir mobil jadi miring. Bagian yang rawan rusak atau aus saat melewati jalanan rusak adalah rack steer. Komponen ini berfungsi menghubungkan kaki-kaki mobil dan setir, sehingga saat rack steer rusak berisiko membuat setir mobil jadi miring.

5. Menggunakan Spare Part Tidak Original

Penggunaan suku cadang tidak asli bisa menyebabkan fungsinya tak optimal atau bahkan malfungsi. Begitu juga pada bagian setir, penggunaan spare part KW atau tidak original bisa menyebabkan setir miring. Untuk itu, baiknya menggunakan spare part asli agar keamanan dan kenyamanan berkendara terjamin.

6. Cairan Pada Power Steering Kurang

Power steering merupakan sistem yang berguna membantu untuk membelokkan setir ke kanan dan kiri dengan mudah. Cairan ini digunakan untuk memberikan tekanan pada komponen dalam power steering yakni piston dalam rack dan pinion.

Kurangnya cairan pada power steering akan menyebabkan tekanan jadi lemah sehingga mobil sulit untuk dibelokkan.

Itu dia beberapa penyebab setir mobil jadi miring. Untuk mengatasinya segera bawa mobil ke bengkel terdekat.