Kenali Fungsi dan Perawatan Headlamp Mobil

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Sistem pencahayaan pada mobil sangat penting apalagi saat berkendara di malam hari. Salah satu bagian dari sistem pencahayaan mobil yang memiliki fungsi vital adalah headlamp atau lampu depan mobil. 

 

Headlamp mobil harus dipastikan berfungsi dengan baik agar pengendara bisa mengemudi dengan aman dan nyaman. Untuk itu, penting untuk merawat headlamp mobil agar tak gampang aus dan rusak.

 

Apabila terjadi masalah pada headlamp dan dibiarkan saja, hal ini bisa membahayakan pengendara di kemudian hari.

 

Fungsi Headlamp

 

Pengertian headlamp adalah lampu utama mobil yang memberikan penerangan di malam hari, kabut, hujan deras, atau jalanan dengan cahaya rendah. 

 

Fungsi utama dari headlamp mobil adalah memberikan cahaya agar pandangan pengemudi lebih jelas sehingga berkendara lebih aman dan nyaman. Selain itu, headlamp mobil juga berfungsi untuk memberikan tanda pada pengendara lain atas kehadiran kendaraan. 

 

Cara Merawat Headlamp Mobil 

 

Headlamp mobil juga membutuhkan perawatan agar tak gampang aus. Berikut beberapa tips merawat headlamp mobil: 

 

  1. Dibersihkan Secara Berkala 

 

Bagian yang penting untuk dibersihkan adalah permukaan luar headlamp. Bersihkan dari kotoran, debu, maupun kerak menggunakan kain yang lembut dan air. Jangan menggunakan bahan abrasif karena bisa merusak lapisan permukaan headlamp. 

 

  1. Rajin Diperiksa 

 

Penting untuk memastikan headlamp dalam kondisi apik dan bisa bekerja dengan maksimal. Apabila headlamp mengalami kendala seperti nyalanya redup atau berkedip-kedip baiknya segera kunjungi teknisi. 

 

  1. Atur Terang Cahaya Headlamp 

 

Pastikan cahaya headlamp tak terlalu terang atau kurang terang. Pastikan headlamp memancarkan cahaya yang sesuai panduan agar tak mengganggu pengendara lain. 

 

  1. Segera Ganti Jika Rusak 

 

Apabila ada komponen headlamp yang rusak jangan menunda untuk menggantinya karena bisa berbahaya jika mengemudi tanpa headlamp yang berfungsi dengan baik. Saat mengganti headlamp pastikan ganti bagian kiri dan kanan secara bersamaan agar cahayanya seimbang. 

 

  1. Pelindung UV 

 

Ada jenis headlamp mobil yang menggunakan bahan plastik, untuk produk ini baiknya gunakan perlindungan UV untuk mencegah kerusakan karena terpapar sinar matahari. 

 

Itu dia beberapa cara merawat headlamp mobil yang perlu diketahui. Apabila ada masalah dengan headlamp jangan ragu untuk menghubungi teknisi terdekat.