Penyebab Mesin Motor Overheat, Jangan Sampai Kejadian

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Overheat adalah kondisi mesin pada kendaraan yang kelewat panas atau panas berlebihan. Kondisi ini juga bisa terjadi pada sepeda motor. 

 

Saat mesin motor mengalami overheat maka mesin akan kehilangan tenaga saat dikendarai dan bisa menyebabkan mogok. Selain itu, jika dibiarkan mesin motor yang kerap overheat bisa mengalami kerusakan hingga harus turun mesin. 

 

Berikut ini beberapa penyebab mesin motor overheat yang harus dipahami pemilik sepeda motor: 

 

  1. Tak Rutin Ganti Oli 

 

Kualitas oli yang buruk atau jumlahnya yang sudah sangat sedikit akan menyebabkan mesin cepat panas. Hal ini karena peran oli untuk mendinginkan mesin tidak bekerja secara optimal.

 

Apabila tak rutin mengganti oli akibatnya bisa menyebabkan mesin menjadi overheat. Untuk itu, pastikan mengganti oli secara berkala. Selain itu, gunakan oli dengan kualitas yang terbaik. Evalube akan menjaga mesin motormu dengan baik dan bisa didapat di bengkel terdekat. 

 

  1. Pemakaian Bahan Bakar Yang Tak Tepat 

 

Setiap sepeda motor memiliki rekomendasi jenis bahan bakar yang digunakan. Sayangnya, banyak yang nekat memilih menggunakan bahan bakar yang lebih murah. Hal ini bisa menurunkan efektivitas kinerja mesin dan menyebabkan overheat. 

 

Sebaiknya gunakan bahan bakar sesuai aran pabrikan. Gunakan BBM yang sesuai dengan kadar oktan yang diajurkan, jangan memilih bahan bakar dengan oktan lebih rendah atau lebih tinggi. 

 

  1. Clearance Piston Terlalu Rapat 

 

Apabila clearance piston terlalu rapat maka piston tak bisa bekerja dengan leluasa dan maksimal. Kondisi ini lama-lama bisa merusak piston hingga jebol. Jika sudah demikian, motor biasanya akan mogok. 

 

  1. Ruang Pembakaran Kotor 

 

Kerak di ruang pembakaran akan menyebabkan mesin cepat panas dan biasanya akan muncul asap berwarna pekat. Kerak ini disebabkan penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah. 

 

Untuk itu, gunakan bahan bakar dengan oktan sesuai saran pabrikan. Jika terlanjur gunakan bahan bakar dengan oktan rendah baiknya lakukan pengurasan dan pembersihan agar tak muncul kerak. 

 

  1. Mesin Terlalu Lelah 

 

Sepeda motor yang dikendarai dalam waktu lama dan tak beristirahat sama sekali juga bisa menyebabkan overheat. Hal ini biasanya muncul di perkotaan yang lalu lintasnya padat dan macet. Baiknya matikan mesin lebih dulu saat terjebak macet atau lampu merah agar mesin tak overheat. 

 

Itu dia beberapa penyebab mesin overheat. Lakukan servis berkala dengan tepat sehingga kendala bisa diatasi lebih cepat.