Kenali Dampak Ganti Oli Motor Dengan Di Semprot Angin Kompresor

By Administrator 01 Okt 2021
 

Oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah hal yang memiliki peran krusial dalam berkendara. Maka dari itu oli ini menjadi salah satu komponen yang wajib dirawat dengan rutin.

Cairan hitam dan kental ini memiliki fungsi vital untuk sepeda motor dengan bahan bakar bensin. Hadirnya oli ditugaskan untuk melumasi suku cadang atau komponen yang ada di dalam mesin, dengan tujuan utama agar meminimalisir terjadinya gesekan antar komponen.

Namun tugasnya tidak hanya melindungi dari gesekan, ada beberapa tugas penting dari oli mesin yang digunakan pada sepeda motor. Seperti yang kita tahu, oli motor harus kita ganti secara rutin untuk mempertahankan performa motor yang oke.

Dalam menuang oli ke dalam mesin terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh mekanik. Salah satunya adalah dengan menyemprotkan angin sebelum memasukan cairan hitam tersebut.

Ada alasan mengapa para mekanik menyemprotkan angin kompresor sebelum menuang oli motor yang baru. Biasanya mekanik bengkel melakukan hal tersebut untuk mengeluarkan oli atau kotoran yang masih tersisa di dalam mesin.

Perlu dipahami, tidak bisa dihindari untuk oli yang masih tersisa dalam mesin setelah pengurasan. Maka dari itu disarankan untuk tidak menyemprot ruang penyimpanan oli dalam sepeda motor dengan angin kompresor.  

Karena terdapat efek negatif dari kebiasaan menyemprot ruang penyimpanan oli  pakai angin kompresor. Sebab angin kompresor mengandung uap air, tentunya kalau tercampur dengan oli bisa menyebabkan daya pelumasnya berkurang.

Selain itu, ada dampak negatif lain jika kebiasaan kurang baik ini sering dilakukan. Semprotan angin ke bagian dalam mesin bikin kotoran atau gram di filter oli berpeluang masuk kembali ke mesin.

Ketika ganti oli mesin, sebaiknya kita tunggu dan biarkan saja oli mengalir secara alami. Tunggu hingga tidak ada sisa oli bekas yang menetes dari mesin. Proses mengeluarkan sisa oli mesin bisa dilakukan dengan cara diengkol beberapa kali dalam posisi kontak off.

Setiap proses ganti oli pasti masih ada sisa beberapa ml di dalam mesin sekalipun sudah disemprot. Sehingga lebih baik tidak perlu dilakukan penyemprotan dengan angin kompresor.

Mulai sekarang, kalau mau ganti oli di bengkel, minta ke mekanik supaya jangan disemprot ya!. Mungkin durasi penggantian akan lebih lama, tapi demi terhindar dari hal yang tidak diinginkan, seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas.

Evalube akan merekomendasikan oli dengan teknologi Veltec Fuel-conomy with Clean Shield Formula yang memberi proteksi maksimal dalam meminimalisir gesekan, mesin dibuat bersih sehingga kinerja mesin menjadi maksimal dan mendukung keuntungan irit bahan bakar.

Formulasi ini sudah lolos uji oleh tim Evalube yang berkolaborasi dengan LAPI ITB, yang sudah melalui beberapa tahap. Tahap tes oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah meliputi kebersihan mesin, physical property, chemical property, keiritan bahan bakar, hingga temperatur mesin.

Hasil dari formula ini mampu memberikan tingkat kebersihan mesin yang lebih bagus ketimbang formula Evalube sebelumnya. Walaupun formula dari Evalube ini  tergolong baru, namun soal harga dari produsen oli asli dari Indonesia ini tidak naik. Maka dari itu rekomendasi terbaik oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah Evalube.

Evalube sendiri punya opsi produk untuk motor 4 Tak, 2 Tak, dan motor matic.