Motor Juga Diuji Emisinya, Bagaimana Ketentuannya?

By Administrator 20 Sep 2023
 

Belakangan ramai dibahas soal uji emisi kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Uji emisi ini dilakukan pada kendaraan bermotor yang usianya lebih dari tiga tahun.

Tujuan dari pengujian emisi ini adalah untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan tak menghasilkan gas buang yang jadi polusi di lingkungan.

Jadi, apa sebenarnya uji emisi ini?

Uji emisi bisa dipahami sebagai usaha untuk menguji kinerja mesin menggunakan alat. Alat ini digunakan untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor.

Untuk berbagai jenis kendaraan yang ada, masing-masing memiliki ketentuan berbeda untuk lolos uji emisi. Untuk motor, berikut penjabarannya:

Untuk motor yang diproduksi di bawah tahun 2010 harus memiliki kadar opasitas 40 persen sedangkan yang di bawah 2010 kadar opasitasnya tidak boleh lebih dari 50 persen.

Sementara untuk motor produksi di bawah 2010, dibedakan dalam jenis 2 tak dan 4 tak. Motor 2 tak tidak boleh memiliki kadar HC (Hidrokarbon) lebih dari 12.000 ppm, dan motor 4 tak memiliki kadar HC 2400 ppm.

Untuk usia motor lebih muda dari itu, aturannya berbeda lagi. Motor di atas 2010 dengan 2 tak maupun 4 tak, CO maksimal wajib 4.5 persen dan HC 2.000 ppm.

Denda Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sempat merencanakan akan melakukan dengan bagi kendaraan bermotor yang tak lolos uji emisi. Tetapi rencana ini dibatalkan.

Awalnya, untuk sepeda motor akan didenda hingga Rp250 ribu tetapi kini hanya akan dihimbau untuk segera diservis. Pemerintah dan kepolisian juga berharap agar pihak dealer bisa membantu proses servis kendaraan tersebut.

Manfaat Uji Emisi

Uji emisi ini sangat bermanfaat untuk lingkungan. Pasalnya, proses ini akan membuat pemilik kendaraan paham apakah gas buang di kendaraannya masih normal atau tidak.

Uji emisi juga meningkatkan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya merawat kendaraan untuk lingkungan. Semakin banyak motor yang lolos uji emisi, maka akan mengurangi polusi di udara apalagi di kota-kota besar.

Untuk itu, jangan lupa merawat motor kalian dengan melakukan servis secara berkala. Gunakan oli terbaik Evalube yang merawat performa mesin sehingga gas buang yang dihasilkan tak merusak lingkungan.