Cara Aman Meninggalkan Motor dalam Waktu Lama

By administrator 02 Agu 2020
 

Tak jarang kita harus bepergian dalam waktu cukup lama hingga harus meninggalkan motor terparkir di dalam rumah, sebenarnya tak masalah untuk memarkir motor dalam waktu yang lama asalkan kamu melakukannya dengan cara yang benar. Banyak orang yang meninggalkan motor mereka begitu saja dan akhirnya motor mengalami kendala saat akan digunakan kembali. Agar tidak terjadi masalah pada motormu, berikut ada beberapa cara aman meninggalkan motor dalam waktu lama:

Cuci Bersih

Sebaiknya cuci bersih motor sebelum ditinggalkan agar tidak ada kotoran yang menempel pada bagian penting di motormu, jika motor dibiarkan kotor maka berisiko menimbulkan karat yang lebih sulit untuk dihilangkan.

Ganti Oli

Walaupun akan ditinggalkan dalam waktu lama, sebaiknya kamu mengganti oli mesin dengan yang baru untuk menghindari karat yang timbul dari endapan oli motor lama. Jangan lupa panaskan motormu agar seluruh komponen mesin terlumasi oli yang baru dimasukkan.

Kosongkan Tangki

Mengosongkan tangki bensin sebelum motor ditinggal dalam waktu lama ini juga perlu kamu lakukan untuk menghindari kebakaran dan penguapan bahan bakar yang masih ada di dalam tangki.

Posisikan Standar Tengah

Sebaiknya posisikan motor pada standar tengah agar lebih seimbang, dan usahakan untuk memberikan alas pada bagian bawah ban depan serta belakang agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Udara yang lembab pada lantai bisa membuat angin yang ada di dalam ban keluar, jadi sebaiknya gunakan alas untuk menghindari ban kempis.

Cabut Aki

Jangan lupa mencabut aki motor untuk menghindari aki yang soak karena terus – terusan mengaliri listrik saat motor tidak digunakan.

Melakukan persiapan sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama ini bisa membuat motormu tetap nyaman saat ingin digunakan kembali.