Mobil Tiba Tiba Mati, Apa Yang Harus Diperiksa?

By Administrator 26 Okt 2022
 

Salah satu hal yang paling menakutkan bagi pengendara adalah mobil yang mati mendadak. Terlebih jika Kita minim akan pengetahuan soal teknis kendaraan. Kondisi seperti ini tentunya bisa menyebabkan kemacetan dan mengganggu pengendaranya lainnya, bahkan bisa membahayakan pengendara dan penumpang di mobil tersebut.

 

Situasi seperti ini tentunya Kita harus lebih dulu tenang, agar mudah dalam mendeteksi penyebab mobil mati secara tiba – tiba. Segera memeriksa komponen – komponen yang ada pada mobil, secara teknis ada 3 yang membuat mobil bisa menyala yaitu satu kompresi, kedua bahan bakar minyak, ketiga itu pengapian.

 

Kompresi yang bermasalah tidak akan membuat mobil mati mendadak. Jadi dapat dipastikan faktor mobil mogok mendadak bisa karena BBM atau pengapian. BBM habis tentunya akanĀ  membuat mobil mogok tiba-tiba. Biasanya ini diakibatkan oleh keteledoran pengemudi mobil yang tidak memeriksa ketersediaan bahan bakar ketika akan melakukan perjalanan.

 

Bisa terjadi juga BBM yang tersumbat atau bocor menjadi salah satu penyebab mesin mati mendadak. Saat bensin tersumbat anda bisa melihat pada indikator bensin apakah sudah habis atau masih tersedia di tangki. Solusi yang bisa Anda pilih saat bahan bakar menunjukkan telah berkurang dari kapasitas, maka Anda harus segera mengisinya sebelum habis. Perhatikan pula apakah ada kebocoran BBM yang terjadi pada mobil.

 

Kemudian, bila permasalahannya pada pengapian biasanya ada masalah pada busi mobil. Kerap kali busi yang sudah usang sehingga harus diganti dengan yang baru. Platina yang habis atau koil rusak juga menjadi permasalahan pada sistem pengapian. Memeriksa komponen mobil sendiri tentunya harus memiliki pengetahuan namun banyak dari pengendara yang bingung untuk memeriksa komponen komponen kelistrikan ini.

 

Oleh karena itu, agar tidak mengalami mobil mati mendadak saat Kita gunakan tentunya Anda harus melakukan perawatan yang rutin dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Namun jika mati mendadak dan jika Anda tidak bisa mengatasi nya ada baiknya menghubungi bengkel langganan untuk segera di towing dan melakukan pemeriksaan oleh ahli.