Menjaga Kondisi Mesin Mobil Selalu Prima dengan Rutin Ganti Oli

By administrator 18 Mar 2019
 

Rutin mengganti oli mesin adalah perawatan utama agar mesin mobil selalu prima. Oli memiliki sejumlah fungsi, di antaranya menjaga kebersihan mesin mobil hingga melindunginya dari gesekan.

Perlu diingat bahwa mesin mobil diisi banyak komponen bergerak yang terbuat dari logam. Di sinilah oli mengambil peran untuk memberikan perlindungan. Keberadaan oli mesin bisa mengurangi gesekan-gesekan tersebut sehingga membuat mesin menjadi lebih awet alias tahan lama.

Di lain sisi, kerja mesin juga menghasilkan panas. Hal ini juga yang coba diredakan oleh keberadaan pelumas.

Jadwal ganti oli mobil

Melihat pentingnya fungsi-fungsi tersebut, maka sudah sepatutnya pemilik mobil melakukan penggantian secara reguler. Karena kenyataannya kualitas oli di dalam mesin akan menurun seiring penggunaan.

Jadwal ganti oli mobil tak bisa dianggap sepele. Untuk mobil yang baru keluar dari dealer umumnya disarankan untuk mengganti oli ketika odometer telah mencapai angka 1.000 km.

Nah, untuk mobil yang sudah tak baru lagi, sejumlah brand kendaraan biasanya menyarankan penggunanya untuk mengganti setiap 10.000 km atau enam bulan. Walaupun, ada juga yang mendorong penggunanya untuk mengganti setiap 5.000 km.

Tak perlu bingung akan perbedaan interval penggantian oli ini. Biar aman, sebenarnya pemiliki kendaraan bisa melihat buku manual pemilik kendaraan untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Selain interval penggantian, poin lain yang tak kalah penting untuk diingat ketika mengganti oli adalah nilai viskositas atau kekentalan oli yang akan digunakan.

Risiko mobil telat ganti oli

Lalu, bagaimana jadinya jika mobil tak mengganti oli? Percaya atau tidak hal ini bisa saja terjadi karena sejumlah alasan. Yang jelas, jika oli di dalam mesin sudah melewati masa pakai maka kualitasnya sudah menurun. Perlindungan terhadap mesin mobil tak akan maksimal.

Dalam jangka pendek efeknya tenaga mesin jadi berkurang. Sedangkan dalam jangka panjang efeknya adalah penumpukkan kerak. Bila dibiarkan, komponen seperti blok silinder akan cepat rusak.

Itulah sejumlah risiko yang perlu diingat agar tak lalai dalam mengganti oli mesin mobil. Evalube sebagai brand pelumas di Indonesia memiliki jajaran lengkap pilihan oli mesin mobil yang bisa dipilih pemilik kendaraan roda empat.