Mobil Keluar Asap Putih, Benarkan Salah Penggunaan Oli?

By Administrator 14 Nov 2022
 

Ketika keluar asap putih dari mobil, tentunya pemilik mobil bertanya-tanya apa yang terjadi. Tak jarang pemilik mobil menjadi panik saat keluar asap putih. Banyak yang bertanya, keluarnya asap putih dari knalpot mobil apa karena salah penggunaan oli? 

Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Sebab, ada beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab kenapa mobil mengeluarkan asap mobil. Salah satunya sendiri bisa saja karena oli. 

Asap putih itu berasal dari hasil pembakaran oli mesin yang bocor dan masuk ke ruang bakar. Selain asap putih, biasanya juga dibarengi aroma cairan terbakar. Kebocoran ini biasanya disebabkan klep atau gasket yang bocor, ausnya silinder mesin atau ada retakan pada dinding silinder.

Selain karena oli mesin yang bocor, penyebab lain asap putih bisa karena beberapa hal lain. Antara lain ring piston aus. seal klep aus, sistem PCV rusak, atau rusaknya kepala silinder. 

Jika penyebab asap putih karena kebocoran oli, ada beberapa ciri yang menyertainya. Gejala awalnya, mobil susah distarter di pagi hari. Segera cek oli lewat dipstick, volumenya biasanya sudah berkurang. 

Selain itu, saat mobil berjalan, lemahnya ring piston atau seal klep menyebabkan tekanan kompresi jadi lemah. Tenaga mesin akan dirasa menurun. Seiring tingginya putaran mesin, asap yang mengepul akan lebih banyak. 

Dari mesin, bisa terdengar bunyi knocking. Mesin bergetar berlebihan dari kondisi normal. Selain itu suhu mesin jadi lebih cepat panas, terlihat dari jarum temperatur dan adanya hawa panas dari balik kap mesin.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kuncinya terletak pada perawatan ring piston. Ganti oli tiap 6 bulan sekali atau interval 5.000-10.000 km dan gunakan oli terbaik untuk mesin mobilmu. Evalube bisa menjadi solusi untuk perawatan ruang bakar mesin agar mobil lebih terawat dan performa selalu maksimal.