Pengertian Istilah Torsi pada Mobil, Jangan Salah Kaprah

By Automotive Evalube 15 Apr 2024
 

Ada beberapa istilah pada mobil yang baiknya juga dipahami oleh pemilik mobil. Tentu saja ini agar pengendara memahami bagaimana kondisi dan kemampuan mobil mereka. 

 

Salah satu istilah yang kerap dipakai adalah torsi. Sudah memahami pengertian dari torsi? 

 

Jadi, torsi ini adalah tenaga untuk menggerakkan, menarik atau menjalankan sesuatu (dalam hal ini mobil). Lebih jelasnya, torsi merupakan kemampuan mesin untuk menggerakkan mobil dari keadaan diam. 

 

Selama ini, banyak yang sulit membedakan antara torsi dan tenaga. Padahal, keduanya berbeda. 

 

Perbedaan antara torsi dan tenaga adalah torsi itu berkaitan dengan akselerasi, sementara tenaga tentang kecepatan. Dorongan yang diberikan oleh mesin agar mesin menyala itu merupakan torsi. Sementara kecepatan yang dihasilkan oleh dorongan tersebut merupakan tenaga. 

 

Torsi memiliki peran untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil yang tadinya diam bisa bergerak. Torsi berawal dari ledakan tenaga di ruang bakar mesin. Tenaga yang dihasilkan tersebut kemudian disalurkan menuju roda gila, gardan, dan transmisi dengan bantuan kruk as. Hasilnya, adalah gerakan pada roda mobil. 

 

Jadi, torsi ini sangat berpengaruh pada performa mesin mobil. Jika ingin memiliki mobil yang dapat melaju cepat maka harus membeli mobil yang mampu menghasilkan torsi dengan nilai tinggi.