Berikut 3 Komponen yang Wajib Ikut Diganti Saat Ganti Oli Mesin Mobil

By Administrator 22 Okt 2021
 

Penggantian oli mesin perlu dilakukan secara berkala sebagai perawatan rutin mobil. Dalam penggantian oli mesin mobil, setidaknya ada tiga komponen utama yang wajib ikut diganti pula.

Hal tersebut dengan tujuan untuk mendukung kinerja oli didalam mesin. Jadi tidak hanya oli yang diutamakan saat mengganti oli, tetapi komponen yang mendukung kinerja oli juga perlu jadi perhatian.

Apa saja ketiga komponen tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Pertama sudah pasti adalah oli mesin. Oli mesin berperan menjaga lubrikasi komponen yang mengalami friksi. Oli perlu diganti rutin sebab oli bekas yang sudah terpakai pasti akan menghitam dan mengalami penurunan kekentalan alias akan lebih cair. Sehingga kualitas oli akan menurun yang bisa menyebabkan keausan komponen jika tetap dipakai.

Bareng dengan oli mesin, untuk komponen kedua yaitu filter oli yang juga harus diganti. Filter oli untuk menyaring residu kotoran dari gesekan dan panas saat mesin sedang bekerja. Filter oli harus diganti agar sirkulasi oli mesin tetap bersih selama lubrikasi bekerja dengan filter yang baru.

Komponen ketiga yang tidak kalah penting adalah drain washer plug atau ring baut oli. Ring baut oli punya tugas untuk menutup celah antara baut dengan drat karter oli mesin. Kalau komponen ini tidak diganti ada potensi oli mesin bisa rembes dari baut oli mesin.

Jika ketiganya lalai untuk diganti, maka oli mesin bukan tidak mungkin akan bocor dan bisa habis tanpa diketahui oleh pemilik. Hal ini berdampak pada kondisi mesin yang cepat rusak. Dengan diakibatkan karena tidak adanya pelumas akan menyebabkan gesekan antara bahan logam semakin parah.

Nah bicara soal oli mobil, Evalube menjadi brand oli yang direkomendasikan untuk kalian semua dan kali ini hadir untuk menjaga kualitas mesin mobil kesayangan Anda. Terdapat 2 jenis oli mobil, ada Helios Ultra dan Evalube Helios Super.

Evalube Helios Ultra adalah oli dengan full synthetic dan sudah menggunakan teknologi Veltec untuk kendaraan bahan bakar bensin, dengan base oil synthetic yang di-mix dengan aditif. Pelumas ini mampu meningkatkan performa mesin, memaksimalkan kualitas penguapan dan oksidasi minimal, dan cukup ramah lingkungan dengan gas buang minimal.

Sementara untuk Helios Super adalah pelumas semi sintetik dengan tingkat kekentalan ganda. Evalube Helios Super ini dibuat dengan menerapkan teknologi veltec, dan oli ini diperuntukan untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, oli ini terbuat dari campuran base oil synthetic ditambah dengan mineral yang juga terdapat adiktif dengan kualitas tinggi.

Oli ini memiliki kekentalan ganda yang membuat temperatur mesin lebih optimal dan kebersihan mesin tetap terjaga sehingga performa yang dihasilkan tetap maksimal. Pengaplikasian kedua oli ini hanya untuk kendaraan roda 4 dengan bahan bakar bensin dan untuk mesin kendaraan generasi 2004 keatas. 

Evalube yang sebelumnya fokus pada oli kendaraan bermotor, pada medio 2011 mulai masuk ke pasar oli mobil. Varian Helios tidak hanya untuk kendaraan bensin, telah terdapat oli Evalube untuk kendaraan diesel. Untuk harga oli mesin mobil Evalube terbilang ekonomis. 

Berikut list harga oli mesin mobil Evalube:
Harga Evalube Helios Super Synthetic 10W-40 1 Liter: Rp65.530
Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Super Synthetic 10W-40 4 Liter: Rp257.042
Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra Full Synthetic 5W-30 1 Liter: Rp114.9304
Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra Full Synthetic 5W-30 4 Liter: Rp469.917

Pastikan Anda membeli oli di bengkel dan toko kepercayaan, kini oli Evalube dapat dibeli secara online melalui Evalube Official Store di Tokopedia dan Evalube Official Shop di Shopee.