Lampu Kabin Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari, Kenapa?

By Administrator 28 Jun 2023
 

Berkendara malam hari harus lebih memperhatikan soal keamanan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah mematikan lampu kabin.

Selain untuk keamanan, mematikan lampu kabin saat berkendara malam hari memiliki manfaat lainnya. Apa saja?

Berikut alasan kenapa harus mematikan lampu kabin saat berkendara di malam hari:

1. Agar pandangan mata sopir lebih jelas

Mematikan lampu kabin di malam hari penting untuk penglihatan sopir. Pasalnya, pupil mata akan berubah ukuran sesuai intensitas cahaya yang diterima. Jika lampu kabin menyala, pupil akan mengecil sehingga menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit.

Hal ini akan menyebabkan pandangan mata sopir terganggu saat di luar mobil lebih gelap. Itulah pentingnya mematikan lampu kabin mati, agar pupil mata menyesuaikan dengan intensitas cahaya di luar mobil.

2. Privasi di dalam mobil lebih terjaga

Ketika menyalakan lampu kabin, kondisi di dalam mobil dapat terlihat dari luar. Hal ini tentu tidak nyaman apalagi jika di dalam kabin ada penumpang, aktivitasnya bisa nampak jelas dilihat orang di luar mobil.

Apalagi jika lampu kabin menyala, aksi pencurian dan begal lebih mudah dilakukan. Mematikan lampu kabin akan membuat mobilmu lebih aman.

3. Menghemat aki

Menyalakan lampu kabin saat berkendara di malam hari akan membuat mobil lebih boros aki. Seperti diketahui, aki berfungsi sebagai penghasil energi listrik. Maka daya aki akan terkuras habis saat lampu kabin dinyalakan dalam waktu yang lama.

Apalagi saat dalam perjalanan jauh, jangan terus-terusan menyalakan lampu kabin karena berpotensi membuat aki habis dan mobil mogok.

4. Membahayakan pengendara lain

Menyalakan lampu kabin terus menerus dapat mengganggu pandangan pengendara lain. Tentu saja ini sangat membahayakan apalagi jika di jalanan padat, bisa berisiko menyebabkan kecelakaan beruntun.

5. Kena tilang

Menyalakan lampu kabin terus menerus bisa bikin kena tilang lho. Sebab, mengganggu pengendara lain dan membahayakan.

Menyalakan lampu kabin bukan berarti tak boleh ya. Boleh dilakukan sesekali tapi sebentar saja sesuai kebutuhan. Setelah selesai, segera matikan lampu kabin.

Itu dia beberapa alasan kenapa lampu kabin harus dimatikan saat berkendara.