Langkah Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri

By administrator 08 Okt 2019
 

Fungsi oli pada kendaraan bermotor sama seperti darah di dalam tubuh manusia, oli berfungsi untuk melumasi komponen serta memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menempel pada semua komponen mesin. Namun sayangnya oli tidak seperti darah yang tak perlu diganti secara rutin, oli masih harus diganti dengan yang baru karena oli akan mengalami kekentalan akibat kotoran sisa pembakaran mesin.

Mengganti oli ini juga dapat Anda lakukan sendiri di rumah, tanpa perlu pergi ke bengkel. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa perlengkapan seperti wadah penampung oli, kunci, tang, dan tak lupa oli baru. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengganti oli motor sendiri di rumah:

  • Hangatkan Mesin

Pertama Anda harus menghangatkan mesin terlebih dahulu, mesin yang hangat akan membantu mencairkan oli yang mengendap menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

  • Keluarkan Oli

Anda dapat menempatkan wadah di bawah tempat oli, buka saluran oli dan biarkan oli mengalir keluar sampai habis. Untuk mempercepat keluarnya oli dari dalam mesin, Anda dapat menginjak kick starter secara berulang agar tidak ada oli yang tersisa di dalam mesin.

  • Bersihkan Saringan Oli

Setelah semua oli lama keluar dari dalam mesin, sekarang saatnya Anda membersihkan saringan oli apabila terdapat kotoran yang menempel di atasnya. Setelah itu pasang kembali saringan oli, baut pembuangan oli, dan baut pengukur oli.

  • Isi Oli Baru

Setelah semua baut terpasang, Anda dapat langsung memasukkan oli yang baru ke dalam mesin dengan bantuan corong agar tidak tumpah. Setelah semua oli masuk ke dalam mesin, sekarang saatnya Anda memasang baut pengukur dan pastikan baut sudah terpasang sempurna untuk menghindari oli yang tumpah.

  • Pemeriksaan Akhir

Setelah oli dimasukkan ke dalam mesin, sekarang saatnya Anda memeriksanya dengan menghidupkan mesin selama beberapa menit dengan posisi sepeda motor di standar dua. Setelah itu matikan mesin dan periksa kembali oli yang sudah Anda masukkan tadi, apakah permukaan oli masih berada di batas atas. Apabila belum, Anda dapat menambahkan oli lagi agar posisi oli berada di atas ambang batas.

Jadi mulai sekarang Anda tak perlu mengunjungi bengkel untuk mengganti oli, karena Anda dapat melakukannya sendiri di rumah