Keunggulan Mobil All Wheel Drive (AWD)

By Automotive Evalube 30 Sep 2024
 

Salah satu jenis sistem penggerak mobil di dunia otomotif yang dikenal adalah All Wheel Drive (AWD). Dinamakan AWD karena mobil jenis ini memiliki penggerak atau mendapatkan traksi secara independen pada keempat rodanya.

Mobil AWD umumnya bisa menempuh segala medan. Dengan pemakaian penggerak AWD, maka mobil otomatis akan menggerakkan keempat rodanya saat sedang berjalan.

AWD memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan jenis mobil lain. Apa saja keunggulannya? Berikut beberapa keunggulan AWD:

1. Sistem Otomatis

Salah satu keunggulan AWD yang disukai oleh banyak orang adalah sistemnya yang sepenuhnya otomatis. Sehingga, pengemudi memiliki kebebasan misalnya jika ingin memberikan daya tambahan pada roda tertentu. Sehingga traksi pada keempat roda bisa optimal dan berkendara jadi lebih nyaman.

2. Torsi Tiap Roda Bisa Berbeda

Sangat menarik karena pengemudi bebas menentukan torsi tiap roda. Jadi, pada keempat roda bisa menggunakan torsi berbeda. Tak heran jika umumnya AWD ini digunakan pada jenis mobil sport ataupun SUV

3. Bisa di Berbagai Medan Jalan

AWD sangat fleksibel karena bisa digunakan di berbagai medan jalan. AWD bisa digunakan di jalan kering, basah bahkan pada jalan offroad yang ringan. AWD memang cocok digunakan untuk pengemudi yang menyukai tantangan.

4. Banyak Modelnya

AWD ini tersedia dalam berbagai jenis bodi mobil. Jadi pengemudi bisa memilih mana yang paling sesuai. Bisa dari sedan, crossover maupun SUV.

5. Traksi ban Baik

Kelebihan lain dari AWD adalah memiliki traksi ban yang sangat baik sehingga cocok di medan yang berat.

Selain memiliki kelebihan, mobil AWD juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya adalah biaya perawatannya cukup tinggi karena sistem AWD yang kompleks, tidak cocok di jalan yang off-road intens, dan bahan bakar cenderung lebih boros.