Keunggulan Lampu LED Pada Motor, Tak Asal Terang

By Administrator 18 Des 2023
 

Lampu LED atau Light Emitting Diode merupakan jenis lampu yang terdiri dari susunan pancaran diode. Lampu ini kini banyak digunakan oleh motor-motor produksi terbaru karena dianggap lebih baik dari lampu bohlam atau halogen.

Kepopuleran LED terutama disebabkan karena pencahayaannya yang lebih terang dibandingkan lampu lain. Tentu saja ini sangat membantu penglihatan pengendara saat malam hari.

Lampu LED terbuat dari bahan semikonduktor yang merupakan sejenis dengan dioda. Lampu ini dianggap memiliki banyak keunggulan. Apa saja?

Berikut beberapa keunggulan lampu LED pada sepeda motor:

1. Lebih Awet

Lampu LED dikenal lebih awet sehingga tak perlu sering ganti. Keawetan lampu LED disebabkan karena daya yang dibutuhkan oleh lampu lebih kecil.

Sementara, lampu bohlam lebih cepat putus sehingga harus sering diganti. Sehingga, lampu LED dianggap lebih awet karena tak perlu repot sering menggantinya.

2. Pencahayaan Terang dan Fokus

Kelebihan yang paling diunggulkan dari LED adalah pencahayaannya yang terang dan fokus. Hal ini tentu memenuhi fungsi utama lampu sebagai penerang. Cahaya yang dihasilkan lampu LED bisa menyorot lebih jauh dan terang ke arah jalanan.

Hal ini dikarenakan adanya arus DC atau direct current yang dihasilkan lampu jadi lebih stabil. Sementara lampu dengan arus AC atau Alternating Current lebih boros tenaga dan terangnya sangat tergantung pada putaran mesin.

3. Perawatan Simpel

Lampu LED juga memiliki kelebihan pada perawatannya yang perlu dilakukan. Lampu LED tak perlu sering ganti high beam seperti pada lampu bohlam jadi tak merepotkan sama sekali.

4. Tahan Goncangan

Lampu LED tak akan mudah rusak apabila motor melalui jalan jelek atau berlubang yang bikin banyak goncangan. Hal ini karena lampu LED merupakan komponen dari elektronik solid state yang menyebabkannya lebih tahan pada goncangan saat berkendara.

Selain itu, lampu LED yang kecil tidak membutuhkan tempat besar untuk penempatannya. Sehingga tampak lebih simpel.

5. Efisiensi Energi

Daya yang diperlukan untuk menyalakan lampu LED tak terlalu besar sehingga dinilai lebih efisien. Dibandingkan dengan lampu bohlam, lampu LED sangat hemat daya. Pasalnya, lampu LED hanya perlu 11-14 volt untuk bisa menyala sekitar 18 ribu jam lebih sementara bohlam perlu 35 watt untuk menyala selama 500 jam.

Itu dia beberapa kelebihan lampu LED yang kini tengah marak digunakan pada sepeda motor.