Ketahui Pentingnya Spion Tengah Mobil

By Administrator 23 Jan 2024
 

Mobil atau kendaraan beroda empat (atau lebih) memiliki komponen spion tengah. Center mirror ini memiliki fungsi penting untuk keselamatan berkendara, bukan hanya sebagai aksesori biasa.

Beberapa pengendara mungkin menganggap keberadaan spion ini hanya untuk bercermin atau berdandan, tetapi fungsinya lebih dari itu. Karena keberadaannya yang penting, alangkah baiknya pengendara mengetahui fungsi dari spion tengah ini.

Berikut beberapa fungsi penting dari spion tengah:

1. Melihat Kondisi Belakang Mobil Lebih Jelas

Spion tengah mobil membantu pengendara melihat kondisi belakang kendaraan dengan lebih jelas. Spion tengah memberi penampakan sisi lain kondisi belakang mobil yang tak nampak dari spion sebelah kiri dan kanan.

Jadi, blind spot di belakang mobil yang tak tampak dari spion kiri dan kanan akan tampak melalui spion tengah ini. Peletakan kaca spion tengah ini biasanya di plafon mobil bagian depan atau menempel di kaca depan. Pengemudi bisa mengatur posisinya sesuai kebutuhan.

2. Agar Tak Silau Dari Lampu Mobil Di Belakang

Pada bagian bawah, tepat di tengah-tengah spion tengah mobil ini umumnya terdapat sebuah tuas kecil. Fungsi dari tuas kecil ini adalah untuk menghalau lampu yang berasal dari mobil di belakang di malam hari.

Untuk mengaktifkannya, pengendara tinggal menekan tuas spion tersebut sampai arah kaca spion berubah jadi lebih tegak. Dengan demikian, sinar lampu dari belakang mobil akan dibiaskan dengan visibilitas ke arah belakang tetap optimal sehingga berkendara tetap aman dan nyaman.

3. Jadi Kamera Perekam

Ada banyak mobil yang kini dilengkapi dengan kamera perekam. Tujuannya, agar apabila terjadi kecelakaan atau pencurian, pemilik mobil bisa memiliki bukti.

Ada beberapa jenis mobil di mana kamera ini menjadi fitur tambahannya. Sehingga ketika diaktifkan maka spion tengah mobil memiliki dua fungsi sebagai kamera dan juga sebagai spion. Tetapi, pada mobil yang belum dilengkapi dengan fitur ini pun bisa menambahkan sendiri.

Itu dia beberapa fungsi penting dari spion tengah mobil. Jangan lupa sebelum berkendara mengatur posisinya agar bisa melihat ke arah belakang lebih luas.