Kelebihan Fitur Kamera 360 Pada Mobil

By Administrator 28 Jun 2023
 

Tren menggunakan kamera 360 derajat di mobil semakin menjamur. Fitur kamera ini biasanya digunakan di mobil-mobil berpostur besar. Tetapi banyak juga mobil-mobil jenis sedan dan hatchback yang mulai menggunakannya.

Sebenarnya, fungsi dari kamera 360 derajat adalah untuk membantu pengemudi melihat lebih jelas sekeliling mobil. Pasalnya, jika dengan mata saja pandangan pengemudi tentunya lebih terbatas.

Beberapa mobil kini juga sudah bereksperimen dengan menyematkan fitur kamera 360 derajat. Salah satunya adalah Isuzu MUX Premiere. Kendaraan besutannya kini mampu menampilkan around view monitoring pada fitur head unitnya.

Penggabungan empat posisi kamera di mobil ini merefleksikan gambar 360 derajat dari luar kabin mobil. Hal ini membuat pengendara bisa memonitor zona aman ataupun bahaya di sekitar mobil. Tentu saja ini bisa membuat pengendara bisa lebih berhati-hati sekaligus waspada.

Kelebihannya lagi yakni kamera ini akan menampilkan kondisi jalanan ketika sedang berbelok atau ketika lampu sein baik kanan/kiri dinyalakan. Hal ini akan sangat bermanfaat di persimpangan sempit atau jalanan yang padat.

Kelebihan lain dari kamera 360 derajat di mobil adalah memudahkan saat parkir. Apalagi saat parkir tanpa menggunakan jasa tukang parkir. Sopir bisa melihat segala sisi mobil, bisa menghindari mobil dari menabrak pembatas jalan atau benda keras lainnya.

Cara Kerja Kamera 360

Ada empat kamera yang disematkan pada produk kamera 360 derajat. 1 buah kamera dipasang di bagian grill atau emblem depan. 2 buah kamera berikutnya dipasang di spion kanan dan juga spion kiri. Sedangkan 1 buah kamera lainnya dipasang di bagasi atau pintu belakang.

Kamera yang paling sering digunakan umumnya memiliki lensa wide atau lebar yang berukuran 192 derajat.

Untuk menyambungkan beberapa angle dari kamera ini, digunakan software tertentu agar memudahkan pengendara melihat segala sisi di sekitar mobilnya.

Ada dua jenis kamera 360 derajat yakni 2G dan 3G. Perbedaan keduanya terletak pada sudut pandangnya. Pada 3G, pemandangan akan tampak dari atas, depan, kiri, kanan, dan bawah. Sedangkan 2G tidak bisa menampilkan sudut pandang pada bagian atas mobil.