Kapan Oli Sepeda Motor Harus Diganti

By administrator 25 Okt 2019
 

Sebagai biker yang baik tentunya Anda juga harus melakukan perawatan pada sepeda motor, jangan hanya menggunakannya saja. Untuk itu Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang harus diganti pada sepeda motor agar tetap dapat berfungsi dengan baik dan nyaman untuk digunakan. Salah satu perawatan rutin yang harus Anda lakukan adalah mengganti oli mesin sepeda motor.

Oli berfungsi untuk melumasi mesin agar dapat bekerja maksimal dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh gesekan antar komponen penggerak di dalam mesin. Oli yang digunakan terus-menerus akan mengalami penurunan kualitas, oli akan mengental karena sudah bercampur dengan kotoran yang ada di dalam mesin. Kalau sudah begini tentunya oli sudah tidak layak untuk digunakan dan akan merusak komponen mesin kalau tidak segera dilakukan penggantian.

Untuk itu oli perlu diganti secara berkala demi menjaga agar oli tetap bersih dan kinerja mesin tetap maksimal. Tetapi sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin sepeda motor? Idealnya oli digunakan untuk pemakaian 1500 km sampai dengan 4000 km, tetapi tergantung pada penggunaannya setiap hari. Apabila Anda menggunakan sepeda motor untuk menempuh jarak lebih dari 50 km setiap harinya, sebaiknya Anda mengganti oli setiap 1,5 bulan sekali.

Jadi mengganti oli ini disesuaikan dengan seberapa sering Anda menggunakan sepeda motor, semakin sering dan jauh jarak tempuhnya maka akan semakin cepat Anda harus mengganti oli dengan yang baru. Mengganti oli mesin ini akan membuat sepeda motor tetap nyaman digunakan, jangan sampai sepeda motor mengalami kerusakan karena Anda lupa atau tidak mengganti oli mesin.

Ketika Anda mendapati oli yang mulai keruh atau merasa performa mesin menurun, sebaiknya segera ganti oli dengan yang baru. Pilih juga oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan sepeda motor, pastikan Anda memilih oli mesin yang berkualitas tinggi agar dapat lebih maksimal dalam melindungi komponen di dalam mesin sehingga mesin menjadi lebih awet.