Penyebab Terjadinya Kebocoran Oli Mobil

By administrator 16 Jun 2020
 

Kebocoran oli memang sering terjadi pada kendaraan bermotor seperti mobil, dan tak jarang kondisi ini juga jadi penyebab pemilik mobil membawa kendaraan mereka ke bengkel untuk diperiksa. Oli yang bocor ini memang harus segera diperbaiki untuk menghindari volume oli di dalam mesin berkurang sehingga mengganggu kinerja mesin. Tak hanya itu, kebocoran oli yang dibiarkan terlalu lama juga dapat menyebabkan terbakarnya mesin mobil. Lalu sebenanya apa penyebab terjadinya kebocoran oli pada mobil ini?

  • Kerusakan Bak Oli

Bak oli ini berada di bawah mesin, dan bagian ini juga dapat mengalami kerusakan akibat terlalu sering melewati kondisi jalan yang kurang baik. Jalanan yang tidak rata atau adanya kerikil tajam di jalan raya bisa membuat bak oli menjadi bengkok dan rentan bocor, sehingga ada baiknya kamu memilih jalanan yang halus saat berkendara agar kerusakan pada bak oli ini dapat dihindari.

  • Instalasi yang Salah

Kebocoran oli juga bisa disebabkan karena adanya instalasi atau pemasangan komponen yang salah, seperti penutup oli yang terlepas karena kurang kencang saat proses pemasangannya. Untuk itu, ada baiknya kamu melakukan pengecekan setiap kali ingin bepergian jauh agar tidak terjadi hal – hal yang tak diinginkan selama dalam perjalanan.

  • Filter yang Kotor atau Rusak

Filter oli yang kotor atau mengalami kerusakan ini juga bisa menjadi penyebab oli mobil mengalami kebocoran karena menumpuknya kotoran pada filter. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan pengecekan filter atau mengganti filter dengan yang baru ketika melakukan servis rutin di bengkel.

Agar kamu tidak merasakan kondisi seperti ini, ada baiknya kamu memperhatikan kondisi oli mesin di dalam mobilmu. Lakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada mesin mobil agar serta lakukan penggantian oli dan filter yang tepat untuk mencegah oli mengalami kebocoran.