Kabel Kopling Motor Mau Putus, Apa Tandanya?

By Administrator 30 Jun 2023
 

Kabel kopling pada motor manual adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan kondisinya. Jika kabel ini tiba-tiba putus saat motor digunakan tentu saja berbahaya dan cukup merepotkan.

Untuk itu, penting untuk memahami kondisi kabel kopling agar kabel ini tak mendadak putus di jalan. Ada ciri-ciri tertentu yang menunjukkan kabel kopling ini akan putus.

Salah satu cirinya saat kabel kopling dalam kondisi yang akan putus adalah muncul bunyi krek saat kopling ditekan. Jika sudah muncul bunyi seperti ini, baiknya waspada dan periksa keadaannya.

Ciri lainnya selain bunyi tersebut adalah kopling menjadi berat dan seret atau tak lancar saat ditekan. Penyebab dari bunyi dan kopling yang terasa berat ini adalah bagian di dalam kopling ini mulai rusak karena pemakaian.

Kalau kondisinya sudah demikian, baiknya coba kencangkan kabelnya. Jika kabelnya kendur lagi, artinya kabel tersebut sudah lemah dan baiknya segera diganti.

Kabel kopling yang sudah lemah ini biasanya pada motor-motor yang usia pemakaiannya cukup lama.

Biaya penggantian kabel kopling sendiri tidak terlalu mahal, yakni berkisar Rp40-50 ribu.

Agar kabel gas lebih berumur panjang, baiknya dirawat. Cara merawatnya yakni dengan memberikan pelumasan berkala. Lumasi kabel gas ini dengan cairan WD-40 atau sejenisnya.