Jarang Isi Full Tank, Tangki BBM Mobil Bisa Karatan

By Administrator 08 Mei 2023
 

Ada yang menyebut jika mobil jarang mengisi BBM hingga penuh akan menyebabkan tangki karatan. Apakah pernyataan ini fakta atau mitos belaka?

Tangki bensin sendiri adalah salah satu komponen penting yang harus dijaga kebersihannya. Sebenarnya cara menjaga kebersihan tangki bensin mudah. Di antaranya yakni mengisi bensin dengan bahan bakar kualitas bagus atau sesuai kebutuhan mesin.

Namun, hal tersebut tidak cukup. Rupanya tak pernah mengisi bensin hingga penuh benar bisa membuat tangki bensin menjadi berkarat. Dinding tangki bensin akan berkarat jika tangki dibiarkan kosong atau tak penuh terisi dalam waktu lama.

Penjelasan kenapa tangki bensin bisa menjadi berkarat yakni pada tangki yang tak terisi bensin penuh akan terisi udara. Dalam kondisi dingin atau malam hari, udara tersebut akan mengembun dan menempel pada dinding bagian dalam tangki sehingga menjadi air dan dalam waktu lama akan menyebabkan karat.

Risiko tangki menjadi berkarat lebih tinggi terjadi pada mobil yang jarang dipakai.

Masalahnya jika tangki sudah berkarat akan berdampak buruk pada mobil. Tangki yang berkarat akan membuat bahan bakar terkontaminasi sehingga menimbulkan gejala brebet, kerak karat yang terkumpul di filter bensin akan membuat asupan bensin berkurang hingga kebocoran pada tangki karena karat menyebabkan keropos.

Untuk itu, ada baiknya sesekali mengisi tangki bensin hingga penuh untuk menjaga kualitas tangki dan tak membuatnya berkarat. Salah satu trik agar tangki tidak berkarat adalah jangan sampai volume bensin berkurang dari setengah tangki.