Dampak Isi Oli Mobil Melebihi Takaran

By Administrator 10 Mei 2023
 

Mengisi oli mobil disarankan sesuai takaran agar kinerja mesin bisa bekerja secara optimal. Namun, ada banyak orang yang penasaran ingin mengisi oli mobil sendiri di rumah meski tak terlalu paham takaran yang pas seperti apa. 

Lalu muncul pertanyaan apakah mengisi oli melebihi takaran bisa menyebabkan efek tertentu? 

Rupanya mengisi oli mobil melebihi takaran memiliki banyak efek yang ditimbulkan. Padahal, mengisi oli melebihi takaran terdengar sebagai sesuatu yang sepele. 

Efek pertama yang ditimbulkan ialah mesin mobil akan terasa lebih berat saat oli diisi melebihi takaran. Hal ini disebabkan oleh putaran komponen di dalam mesin akan terbebani oleh kelebihan jumlah oli dalam mesin tersebut. 

Beban mesin yang semakin berat ini berpengaruh pada perlambatan proses pembakaran yang dihasilkan. 

Efek kedua yakni pompa oli mesin akan jadi lebih berat untuk menghasilkan tekanan sirkulasi oli. Hal ini disebabkan karena oli mesin yang kelebihan membuat batas ketinggian oli yang merendam pompa oli sehingga akan lebih sulit untuk oli mesin bisa naik ke atas.

Efek ketiga yakni, oli mesin yang kelebihan pada mobil juga akan memicu kebocoran pada mesin. Terutama pada bagian tutup oli mesin, filter oli, dan paking mesin. Kebocoran ini biasanya akan terjadi pada karet sil dan akibatnya oli akan masuk ke ruang bakar.

Selain itu, kelebihan oli pada mesin mobil juga akan menyebabkan oli lebih cepat overheat. Hal ini akan membuat performa mesin mobil berkurang. 

Untuk itu, lebih baik mengisi oli mobil sesuai takaran yang ditentukan oleh buku manual. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti oli sesuai waktu yang ditentukan. 

Jangan lupa gunakan Evalube, oli berkualitas yang memiliki beragam jenis sesuai kebutuhan mesin mobil Anda. Evalube mudah ditemukan, tersedia di bengkel terdekat dari Anda.