Jangan Anggap Remeh Tutup Pembuangan Oli Motor

By Administrator 12 Sep 2021
 

Oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah hal yang memiliki peran krusial dalam berkendara. Cairan hitam dan kental ini memiliki fungsi vital untuk sepeda motor dengan bahan bakar bensin. hadirnya oli ditugaskan untuk melumasi suku cadang atau komponen yang ada di dalam mesin, dengan tujuan utama agar meminimalisir terjadinya gesekan antar komponen. Namun tugasnya tidak hanya melindungi dari gesekan, ada beberapa tugas penting dari oli mesin yang digunakan pada sepeda motor.

Namun patut diperhatikan, banyak kejadian oli motor bocor dengan sendirinya karena keteledoran pengendara sendiri dalam menutup tutup pembuangan oli. Terkadang terlihat motor dengan kondisi oli yang sudah menetes di jalan, yang ternyata setelah diperiksa baru diketahui bahwa tutup pembuangan oli, filter, dan juga pernya sudah hilang.

Kondisi ini sebenarnya cukup berbahaya, bahaya untuk mesin karena perlahan namun pasti kekurangan pelumasan saat berkendara, dan untuk pengendara lain juga berbahaya karena oli yang menetes membuat jalan licin dan berpotensi menyebabkan pengendara lain terjatuh.

Ternyata ada beberapa penyebab dari lepasnya tutup pembuangan oli pada sepeda motor. Bisa karena bautnya lepas, hal ini penyebabnya bisa jadi karena murni keteledoran orang yang melepas namun tidak dipasang lagi dengan kuat. Dan bisa juga karena baut sudah tidak memadai namun tetap dipasangkan, jika hal tersebut terjadi maka guncangan saat berkendara sangat memungkinkan untuk lepas semua.

Umumnya kondisi baut yang sudah tidak memadai karena drat baut mengalami keausan. Wajar saja, posisi baut dalam pembuangan oli memang kurang bagus posisinya dan proses pemasangan menjadi kurang maksimal. Jika tetap dipaksakan maka baut menjadi tidak kencang, dan menjadi lebih mudah lepas.

Maka dari itu disarankan saat menutup pembuangan oli, masukan baut dengan tangan sampai drat baut masuk dengan maksimal, baru setelahnya kencangkan dengan alat hingga dratnya masuk dengan kencang.

Disarankan jika baut, per, dan saringan kondisinya sudah mulai tidak memadai maka alangkah baiknya segera ganti saja. Harga yang ditawarkan pun cukup murah hanya sekitar 30 ribu rupiah untuk di bengkel resmi, namun jika mau cari di toko online juga ada dengan harga yang tidak beda jauh. Jangan karena hal sepele kondisi jalan bisa berbahaya karena keteledoran diri sendiri. 

Jika Anda sudah mengerti mengenai pemasangan tutup pembuangan oli, maka kali ini Evalube akan merekomendasikan oli dengan teknologi Veltec Fuel-Economy with Clean Shield Formula yang memberi proteksi maksimal dalam meminimalisir gesekan, mesin dibuat bersih sehingga kinerja mesin menjadi maksimal dan mendukung keuntungan irit bahan bakar.

Formulasi ini sudah lolos uji oleh tim Evalube yang berkolaborasi dengan LAPI-ITB, yang sudah melalui beberapa tahap. Tahap tes oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah meliputi kebersihan mesin, physical property, chemical property, keiritan bahan bakar, hingga temperatur mesin.

Hasil dari formula ini mampu memberikan tingkat kebersihan mesin yang lebih bagus ketimbang formula Evalube sebelumnya. Walaupun formula dari Evalube ini  tergolong baru, namun soal harga dari produsen oli asli dari Indonesia ini tidak naik. Maka dari itu rekomendasi terbaik oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah Evalube. Evalube sendiri punya opsi produk untuk motor 4 Tak, 2 Tak, dan Skutik.