Ini Tanda Motor Harus Ganti Gir dan Rantai

By Automotive Evalube 13 Mei 2024
 

Pemilik motor sebaiknya selalu memeriksa apakah komponen motornya dalam keadaan baik atau tidak. Salah satu komponen motor yang harus diperiksa dan segera diganti jika ada tanda-tanda rusak adalah gir dan rantai. 

 

Pasalnya, akan sangat merepotkan jika sampai rantai putus di jalan misalnya. Selain itu, cukup berbahaya juga saat rantai rusak di jalan karena bisa membuat pengendara motor terjatuh. 

 

Berikut ini beberapa tanda rantai dan gir motor harus segera diganti: 

 

  1. Keluar Bunyi Berisik Sangat Mengganggu Dari Rantai 

 

Normalnya, rantai dan gir tak mengeluarkan bunyi mengganggu saat motor berjalan. Tetapi, apabila gir dan rantai mengeluarkan bunyi berisik yang tak biasa, kemungkinan rantai dan gir mulai aus. 

 

Suara berisik seperti gemeretak ini muncul dari gesekan berlebih antara komponen rantai. Biasanya disebabkan karena kurangnya pelumasan. Segera periksa apabila suara tersebut muncul, apabila sudah tak teratasi jangan ragu untuk segera mengganti gir dan rantai demi keamanan. 

 

  1. Lama Pemakaian 

 

Biasanya gir dan rantai bisa bertahan hingga jarak 10 ribu kilometer. Namun, daya tahan bisa kurang dari angka tersebut tergantung perawatan dan pemakaian. Jika sudah melewati jarak 10 ribu km sebaiknya segera ganti gir dan rantai meski tak muncul masalah serius. 

 

  1. Rantai Susah Disetel 

 

Rantai gampang kendor dan susah disetel jadi tanda kalau gir dan rantai sudah saatnya diganti. Biasanya hal ini menandakan pemakaian rantai sudah cukup lama dan sudah aus. 

 

Baiknya, segera minta teknisi untuk memeriksa gir dan rantai jika merasakan kondisi tersebut. Apabila ternyata kondisi keduanya sudah buruk segera ganti, tapi ada juga kemungkinan hanya salah satu komponen yang perlu diganti. 

 

  1. Saat Melaju, Motor Sering Tiba-Tiba Tersendat 

 

Bisa juga tanda gir dan rantai harus diganti adalah saat laju motor sering tersendat. Biasanya hal ini disebabkan oleh gesekan berlebih atau komponen gir dan rantai yang sudah aus. 

 

Pastikan kondisi gir dan rantai dalam kondisi baik dan pelumasan juga baik. Apabila komponen sudah aus, segera diganti. 

 

  1. Mata Gir Tajam 

 

Mata gir yang aus biasanya akan berbentuk tajam atau runcing. Gir yang aus dan dipaksakan terus digunakan akan membuat putaran rantai dan gir yang tak selaras. Ini tentu bisa membahayakan pengendara jika dibiarkan. 

 

Itu dia beberapa tanpa gir dan rantai motor perlu segera diganti. Jangan ragu untuk menghubungi teknisi saat terjadi masalah demi keamanan dan kenyamanan pengendara.