5 Penyebab AC Mobil Tak Terasa Dingin

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

AC Mobil (Air Conditioner) memiliki fungsi penting pada mobil agar udara di dalam kabin mobil lebih sejuk dan dingin. Selain itu, AC juga membuat udara di dalam mobil jadi lebih bersih. 

 

Masalah yang sering muncul pada AC mobil biasanya adalah tidak terasa dingin. Hal ini disebabkan karena AC hanya mengeluarkan angin saja. Bahkan, ada pengendara yang mengeluhkan mobilnya mengeluarkan udara panas sehingga di dalam mobil terasa sumpek. 

 

Ada beberapa kemungkinan masalah pada AC sehingga tak terasa udara dingin. Berikut beberapa masalah pada AC yang menyebabkannya tak mengeluarkan udara dingin: 

 

  1. Kehabisan Freon 

 

Masalah yang paling umum adalah freon habis. Jika freon habis maka dipastikan AC tak akan bisa mengeluarkan udara dingin. Untuk itu, pastikan mengecek berkala ketersediaan freon. Apabila habis, segera lakukan pengisian ulang ke bengkel terdekat. 

 

  1. Kompresor Rusak

 

Kerusakan kompresor biasanya disebabkan karena usia pemakaian. Jadi, memang harus waktunya diganti. Kompresor yang tidak dirawat bisa menyebabkan lebih cepat aus. Untuk itu, baiknya rutin merawat kompresor dengan cara mengganti oli kompresor AC secara berkala. 

 

  1. Extra Fan Rusak 

 

Extra fan merupakan kipas pendingin tambahan pada AC. Fungsinya memang cukup penting, sehingga jika terjadi kerusakan bisa menyebabkan AC jadi kurang dingin atau tidak dingin. 

 

Rusaknya extra fan akan menyebabkan kondensor menjadi panas karena tak mampu bekerja dengan maksimal. Sehingga suhu tak bisa turun karena pendingin tak menyala. 

 

  1. AC Bocor 

 

Adanya kebocoran pada AC juga bisa menyebabkan AC tak dingin. Kebocoran bisa saja terjadi di bagian-bagian tertentu seperti selang low pressure, selang high pressure, valve, kondensor, hingga evaporator.

 

Kebocoran ini akan menyebabkan freon jadi cepat habis sehingga AC tak terasa dingin. Untuk melakukan pengecekan, segera hubungi teknisi terdekat. 

 

  1. Kondensor Kotor 

 

Kondensor memiliki fungsi melepas panas dari kompresor. Kondensor yang kotor ini juga menyebabkan AC tak terasa dingin. Lakukan pembersihan rutin pada AC agar bagian-bagiannya tak kotor dan tak ada sumbatan. 

 

Itu dia beberapa penyebab AC mobil tak terasa dingin. Selain beberapa sebab di atas, ada beberapa kemungkinan lain yang bisa saja terjadi pada AC sehingga tak terasa dingin. Seperti ada bagian komponen yang kotor atau putus. 

 

Memang dibutuhkan pengecekan langsung oleh teknisi agar diketahui apa yang menyebabkan AC tak bisa bekerja optimal.