Hal-hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Membeli Mobil, Punya Tempat Parkir Juga Penting!

By Administrator 28 Jun 2023
 

Memiliki mobil mungkin menjadi impian banyak anak muda. Pasalnya, mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan.

Tetapi sebelum memutuskan membeli mobil ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan. Bukan cuma ada uangnya, ada hal penting lainnya juga yang harus jadi pertimbangan.

Berikut beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil:

1. Kalkulasi kebutuhannya

Pertimbangkan pengeluaran untuk membeli mobil. Pilihlah mobil sesuai dengan kemampuanmu membayarnya. Pertimbangkan juga akan membeli secara cash atau kredit.

Jika membeli secara kredit pun harus benar-benar dipertimbangkan bunga yang kira-kira harus dibayar.

2. Pikirkan juga biaya perawatan mobil

Mobil tentu saja seperti kendaraan lainnya membutuhkan perawatan berkala. Biaya perawatan mobil per tahunnya ini juga harus dipertimbangkan.

Beberapa perawatan mobil berkala yakni ganti oli, menggunakan anti jamur untuk kaca, aki, perawatan ban mobil, dan masih banyak lagi.

Jika dikira belum mampu membiayai perawatan mobil baiknya ditunda dulu. Sebab, mobil tidak akan terawat dan cepat rusak. Jika sudah begini harga jualnya pasti akan anjlok.

3. Tempat parkir

Ini yang jadi masalah masyarakat urban kekinian. Mampu beli mobil tetapi tak punya tempat untuk parkir. Pasalnya, jika memarkir mobil sembarangan itu mengganggu ketertiban lalu lintas dan melanggar Undang-Undang.

Tak jarang juga memarkir mobil sembarangan merusak hubungan dengan tetangga sekitar. Untuk itu, pastikan punya tempat parkir mobil lebih dulu sebelum memutuskan membeli mobil ya.

4. Pajak mobil

Ada pajak yang harus dibayar tiap tahunnya setelah membeli mobil. Ini juga harus menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan.

Biaya parkir dan biaya tol juga pengeluaran tambahan yang harus dipertimbangkan lagi.

5. Asuransi mobil

Ketika memilih mobil yang akan dibeli, pikirkan juga asuransi apa yang akan digunakan. Hal ini untuk melindungi mobil dari biaya perawatan membengkak saat terjadi hal-hal tak diinginkan seperti kecelakaan.

6. Perhatikan harga jual kembali

Suatu saat mungkin kamu tiba-tiba ingin menjual mobil karena keperluan mendesak atau kamu ingin upgrade ke mobil baru. Maka kamu harus mempertimbangkan harga jual mobil.

Pilih mobil yang memiliki harga jual tinggi jadi tidak akan banyak rugi.

Itu dia beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil.