Lakukan Langkah ini Agar Mobil Lolos Uji Emisi

By Administrator 04 Okt 2023
 

Lolos tes uji emisi bakal dijadikan syarat buat perpanjangan STNK. Tes lolos uji emisi ini berlaku untuk mobil yang usianya lebih dari tiga tahun.

Mobil yang tak lolos uji emisi artinya ada masalah pada pembakarannya. Sebenarnya untuk lolos uji emisi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar mobil lulus uji emisi:

1. Filter udara mesin bersih

Langkah yang pertama agar mobil lolos uji emisi adalah saluran masuk bahan bakar dan filter udara dalam keadaan bersih. Pasalnya, jika keduanya dalam keadaan kotor maka akan menyebabkan udara terhambat sehingga angka HC (Hidrokarbon) akan semakin tinggi.

Pasokan udara yang kurang dalam proses pembakaran menyebabkan gas yang keluar dari knalpot jadi lebih tinggi. Selain itu, gunakan juga bahan bakar yang sesuai kebutuhan mobil, dengan demikian proses pembakaran akan berjalan dengan baik dan sempurna.

2. Busi dan koil dalam keadaan baik

Busi harus dipastikan dalam keadaan baik sebelum melakukan uji emisi. Pasalnya, busi yang aus akan menghasilkan kadar CO yang tinggi. Jika kadar CO tinggi makan mobil tak akan lolos uji emisi. Keadaan busi yang baik ini bisa dipastikan saat lakukan servis rutin.

Selain busi, koil juga harus dalam keadaan baik. Baik atau buruknya kondisi koil dapat dilihat dari api yang dihasilkan busi.

3. Ganti oli secara berkala

Agar mobil lulus uji emisi maka penting sekali mesin bekerja pada suhu yang stabil. Untuk itu, perlu memastikan performa pendingin mesin dan oli mesin bekerja dengan baik.

Pendingin mesin baiknya diperiksa saat melakukan servis rutin, sementara oli mesin memang harus diganti secara berkala karena untuk menjaga performa mesin tetap optimal. Gunakan Evalube yang dijamin dapat menjaga kualitas mesinmu, sesuaikanlah dengan tipe dan spek mesin mobil yang ada

4. Tak boleh modifikasi mesin mobil

Modifikasi mesin akan membuat masalah pada gas buang jadi lebih kotor dan makin sulit lolos uji emisi. Memang modifikasi umum dilakukan agar performa mesin meningkat, tetapi modifikasi yang tak dipikirkan dengan matang bisa membuat mobil tak lolos uji emisi.

5. Servis secara berkala

Rutin servis mobil sangat penting untuk memastikan setiap komponen pada mobil bekerja dengan baik. Pastikan juga untuk mengganti oli secara berkala agar performa mesin terjaga.

Sebelum melakukan uji emisi, baiknya lakukan servis agar teknisi memastikan kondisi dan performa mesin mobilmu.

Itu dia beberapa langkah yang bisa dilakukan agar mobil kesayanganmu lolos uji emisi. Pastikan untuk selalu menjaga kendaraanmu dengan baik ya!