Hal-hal yang Harus Dicek saat Beli Mobil Bekas

By Administrator 07 Jul 2023
 

Membeli mobil bekas seringkali menjadi pilihan banyak orang yang menginginkan barang bagus dengan harga cukup mering. Ada banyak mobil bekas dengan kualitas bagus yang kerap membuat tergoda.

Tetapi, sebelum membeli mobil bekas jangan lupa untuk mengecek bagian-bagian penting pada mobil. Apa saja?

Berikut beberapa hal yang harus dicek pada mobil bekas sebelum dibeli:

1. Buku servis

Buku servis ini biasanya bisa ditanyakan pada mobil yang umur kendaraannya belum lima tahun. Dengan mengecek buku sevis, kita bisa tahu keluhan apa saja yang pernah terjadi pada mobil tersebut. Seperti sparepart apa saja yang pernah diganti, apakah mobil rajin ganti oli, dan sebagainya.

2. Kelengkapan surat-surat

Ini merupakan bagian terpenting dalam membeli mobil bekas. Jangan sampai tergoda membeli mobil bekas tanda surat-surat lengkap. Karena hal ini justru bisa merepotkan diri sendiri nantinya.

Mobil yang dari lima tahun sudah ganti kepemilikan selama tiga kali baiknya dihindari. Selain itu, periksa nama dengan seksama di BPKB, jangan sampai ada kesalahan karena bisa menyusahkan saat akan balik nama.

3. Pastikan bodi mobil clean

Mengecek bodi mobil dengan teliti sangat penting. Perhatikan dengan seksama bodi mobil apakah warnanya asli atau dempulan.

Dari bodi mobil biasanya akan langsung kelihatan apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau belum. Baiknya pilihlah mobil bekas yang belum pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan.

4. Periksa kolong mobil

Mengecek bagian kolong mobil juga penting. Caranya dengan melihat langsung ke kolong mobil dan meraba bagian sasis. Pastikan apakah ada bagian yang berkarat atau tertambal. Cek juga apa ada rembesan oli di sekitar knalpot dan bawah mesin.

5. Lihat bagian bawah karpet

Mengecek interior mobil juga sangat penting. Terutama di bagian bawah karpet. Pasalnya, bagian ini yang paling gampang berkarat karena lembab. Lembap dan karat akan membuat bagian ini keropos. Periksa menyeluruh interior hingga bagasi, pastikan tak ada karat.

6. Pastikan mobil belum pernah terkena banjir

Mobil yang pernah terkena banjir biasanya akan bermasalah pada performa mesinnya. Untuk itu pastikan mobil belum pernah terkena banjir. Caranya yakni biasanya akan tercium bau apek pada interior mobil yang pernah kebanjiran.

Selain itu, mobil yang pernah kebanjiran kemungkinan besar akan memiliki beberapa titik karat.

7. Setir mobil pastikan prima

Kondisi setir mobil juga harus dipastikan masih prima atau tidak. Apabila setir terasa berat dan mengeluarkan bunyi ketika digunakan, berarti setir mobil sudah tidak prima.

8. Periksa kelengkapan standar

Baiknya membeli mobil yang masih standar pabrikan. Hindari membeli mobil yang sudah terlalu banyak ditambah beragam aksesori. Pasalnya, bila ada banyak bagian mobil yang diganti, nilainya sudah berkurang.

9. Test drive

Hal paling penting yang dilakukan adalah test drive. Anda pastinya bisa merasakan apakah mobil terasa aman dan nyaman saat dikendarai atau tidak. Apabila ada sedikit saja keraguan pada hal tertentu saat melakukan test drive, baiknya tunda dulu membeli mobil tersebut.

Itu dia beberapa hal penting yang harus dicek sebelum membeli mobil bekas. Pastikan juga membeli mobil bekas sesuai budget ya.