Ganti Oli Mesin Mobil dengan yang Lebih Kental, Apakah Efektif ?

By Administrator 28 Okt 2021
 

Mesin mobil modern terus berkembang seiring berjalannya waktu. Saat ini, oli yang digunakan pada mesin mobil-mobil baru juga sudah semakin encer, bahkan ada juga yang memakai spesifikasi 0W-20. Lalu bagaimana jika mengganti oli mobil baru dengan yang lebih kental, misalnya sebelumnya memakai 0W-20 menjadi 15W-40?

Mesin mobil baru yang butuh oli encer bukan tanpa alasan, tetapi memang mekanismenya butuh dilumasi dengan oli yang lebih encer. Kalau mobil lama, oli yang kental digunakan karena celah antar komponen di ruang mesin yang masih longgar. Jadi kalau dikasih yang encer, malah kebakar dan akhirnya boros oli.

Sedangkan jika mobil baru memakai oli yang lebih kental, performa dan akselerasi Mesin akan terasa lebih berat. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Bayangkan saja, misalnya oli biasa kekentalannya hanya 10 tingkatan, lalu diganti oli dengan kekentalan 20 tingkatan, hal tersebut jelas akan lebih berat untuk mesin.

Mobil baru pakai oli yang kental memang jadi halus, tetapi tidak bisa maksimal tenaganya. Jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan atau spesifikasi mesinnya, tidak boleh ganti dengan yang lebih kental

Kemudian jika melihat di buku manual, memang dituliskan beberapa pilihan spesifikasi oli mesin yang bisa digunakan. Jadi selama sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan, maka pemilik mobil akan dapat performa yang maksimal. Misalnya disarankan oli 5W atau 0W di buku manual kendaraan. Yang 5W itu sudah bagus, kemudian yang 0W yang jauh lebih bagus, itu tidak apa-apa untuk pilih salah satu.

Nah bicara soal oli mobil, Evalube menjadi brand oli yang direkomendasikan untuk kalian semua dan kali ini hadir untuk menjaga kualitas mesin mobil kesayangan Anda. Terdapat 2 jenis oli mobil, ada Helios Ultra Full Synthetic dan Evalube Helios Super Synthetic. 

Evalube Helios Ultra adalah oli dengan full synthetic dan sudah menggunakan teknologi Veltec untuk kendaraan bahan bakar bensin, dengan base oil synthetic yang dimix dengan aditif. Pelumas ini mampu meningkatkan performa mesin, memaksimalkan kualitas penguapan dan oksidasi minimal, dan cukup ramah lingkungan dengan gas buang minimal. 

Sementara untuk Helios Super adalah pelumas semi sintetik dengan tingkat kekentalan ganda. Evalube Helios Super ini dibuat dengan menerapkan teknologi veltec, dan oli ini diperuntukan untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, oli ini terbuat dari campuran base oil synthetic ditambah dengan mineral yang juga terdapat adiktif dengan kualitas tinggi.

Oli ini memiliki kekentalan ganda yang membuat temperatur mesin lebih optimal dan kebersihan mesin tetap terjaga sehingga performa yang dihasilkan tetap maksimal. Pengaplikasian kedua oli ini hanya untuk kendaraan roda 4 dengan bahan bakar bensin dan untuk mesin kendaraan generasi 2004 keatas.

Evalube yang sebelumnya fokus pada oli kendaraan bermotor, pada medio 2011 mulai merangkul pasaran oli mobil. Varian Helios tidak hanya untuk kendaraan bensin, telah terdapat oli Evalube untuk kendaraan diesel. Untuk harga oli mesin mobil Evalube terbilang ekonomis. Berikut list harga oli mesin mobil Evalube:

-Harga Evalube Helios Super Synthetic 1 Liter: Rp65.500
-Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Super Sae 10w40 4 Liter: Rp257.000
-Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra 5w30 1 Liter: Rp115.000
-Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra 5w30 4 Liter: Rp470.000

Pastikan Anda membeli oli di bengkel dan toko kepercayaan, kini oli Evalube juga dapat dibeli secara online melalui Evalube Official Store di Tokopedia dan Evalube Official Shop di Shopee.