Evalube

Daftar Harga Oli Mesin Mobil Matic & Manual Terbaru 2021 dari Evalube

Daftar Harga Oli Mesin Mobil Evalube Oktober 2021

Merk Oli Volume Harga
Evalube Geo SAE 20W-50 API SF CC 1 liter 34800
Evalube HD Diesel SAE 40 API CF / CF-2 / SF 1 liter 40500
Evalube Molytec SAE 20W-50 API SJ / CF 1 liter 44700
Evalube Super Transco Diesel SAE 15W-40 API CI-4 SL 1 liter 45000
Evalube Helios Super Synthetic SAE 10W-40 API SN 1 liter 65500
Evalube Helios Ultra Full Synthetic SAE 5W-30 API SN RC 1 liter 115000
Evalube Helios Platinum Full Synthetic SAE 0W-20 1 liter 116700
Evalube Geo SAE 20W-50 API SF CC 4 liter 135700
Evalube Deo Tranz SAE 40 API CD 5 liter 149300
Evalube Molytec SAE 20W-50 API SJ / CF 4 liter 168300
Evalube HD Diesel SAE 40 API CF / CF-2 / SF 5 liter 178400
Evalube Super Transco Diesel SAE 15W-40 API CI-4 SL 5 liter 220000
Evalube Helios Super Synthetic SAE 10W-40 API SN 4 liter 257000
Evalube Helios Full Ultra Synthetic SAE 5W-30 API SN RC 4 liter 470000

Update: 15 Oktober 2021, sumber: Evalube.com

Tahukah kalian jika oli mesin mobil manual & matic ternyata tidak sama? Pada mobil transmisi manual, fungsi oli sebagai sistem pelumasan yang bisa menjaga kinerja mesin agar tetap prima. Sementara pada transmisi matic, oli berfungsi sebagai pelumas yang mengantarkan mekanisme perpindahan gigi transmisi.

Apakah ada dampak yang timbul jika salah menggunakan oli atau jarang mengganti oli transmisi? Penggunaan oli yang salah ataupun jarang mengganti oli bisa menyebabkan komponen hidrolik dan komponen rem mobil matic cepat aus. Bahkan, hal terburuk bisa saja menyebabkan kendaraan terbakar, untuk itu selalu ganti oli ketika sudah melebihi masa pakai.

Manfaat dan Pentingnya Mengganti Oli Mesin Mobil Manual & Matic
Salah satu langkah merawat mobil yaitu dengan rutin mengganti oli ketika sudah habis masa pakainya. Dengan begitu, performa mesin tetap dalam kondisi prima. Tujuan penggantian oli sendiri agar komponen pada mobil baik transmisi manual maupun matic bisa bekerja secara optimal.

Mengganti oli sebenarnya juga tidak hanya bergantung pada masa pakai yang sudah lama, namun juga tergantung jarak tempuh kendaraan. Salah satu akibat terlambat mengganti oli yaitu mesin menjadi berkarat bahkan bisa menyebabkan kerusakan fatal lain. Jadi, jangan menunda untuk mengganti oli karena manfaatnya terhadap mesin kendaraan sangat penting.

Baca juga artikel lainnya: Daftar Harga Oli Gardan Mobil Terbaru 2021 dari Evalube

Tarikan Gas Lebih Enteng

Jika tidak rutin mengganti oli pada mobil transmisi manual & matic, maka kotoran dalam mesin bisa menyebabkan gesekan antar komponen. Otomatis kerja mesin terasa lebih berat sehingga tarikan gas pun juga lebih berat. Dengan rutin mengganti oli, maka mesin menjadi lebih bersih sehingga kendaraan bisa melaju dengan kinerja yang lebih baik. Selain itu tarikan gas juga lebih terasa ringan sehingga berkendara semakin nyaman.

Mesin Lebih Awet

Oli merupakan sumber kehidupan bagi sebuah kendaraan. Karena oli mampu melindungi banyak komponen penting dalam mesin agar terhindar dari kerusakan dan keausan. Dengan rutin mengganti oli, maka bisa meminimalisir kotoran yang bisa mengganggu kinerja mesin. Adanya oli bersih yang melumasi komponen mesin, menjadikan mesin kendaraan memiliki usia pemakaian lebih awet.

Mengurangi Polusi Udara

Tahukah kalian jika knalpot kendaraan yang mengeluarkan asap tebal dan hitam adalah akibat dari oli mesin yang kotor. Kondisi seperti itu jika dibiarkan, maka akan menjadikan udara menjadi tidak sehat untuk manusia. Selain itu, kendaraan juga menjadi tidak nyaman ketika digunakan. Karena selain muncul asap hitam, biasanya suara mobil juga terdengar lebih kasar dari sebelumnya.

Untuk itu, rutinlah mengganti oli mesin pada mobil kalian, baik pada kendaraan transmisi manual maupun matic. Dengan begitu, mobil menjadi lebih nyaman digunakan, karena suara yang kembali halus tanpa mengeluarkan asap tebal yang mengganggu.

5 Jenis Oli pada Mobil

Tahukah Anda bahwa pelumas tersebut banyak jenisnya. Jenis oli mesin mobil yang dibutuhkan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda kegunaannya.

Semua tergantung dimana oli tersebut digunakan dan sebaiknya dilakukan penggantian sesuai anjuran. Ada 5 jenis oli untuk mesin mobil yang perlu Anda ketahui.

1.Oli Mesin 

Oli jenis ini merupakan jenis yang paling populer. Jenis ini terbagi menjadi tiga jenis yakni oli semi sintetik, oli mineral dan full sintetik. Apabila kita pergi ke bengkel maka biasanya akan diingatkan terkait oli mesin dan penggantiannya.

Oli tersebut dapat masuk pada celah-celah mesin dan melumasi jeroan mesin penggerak. Hal ini mulai dari piston hingga dinding silinder. Biasanya penggantian jenis oli ini adalah jarak mencapai 5000 hingga 10000 km. Perkiraannya adalah sekitar 6 bulan sekali.

  1. Oli Transmisi

Selain oli mesin mobil, terdapat oli transmisi. Sering digunakan pada mobil manual maupun otomatis. Fungsi utamanya adalah memperlancar pergantian gigi sehingga lebih halus juga lancar.

Oli transmisi ini akan melumasi bearing dan gear pada mobil dengan sistem manual. Lalu pada mobil otomatis maka oli ini akan melumasi torque dan clutch.

Sehingga semua komponen tersebut menjadi tidak mudah rusak. Pada mobil manual, maka penggantian pada jarak tempuh 30-40 ribu km. Sedangkan mobil otomatis maka dibawah jarak tempuh 30 ribu km yakni dengan 1-2 liter per pengisian.

  1. Oli Gardan

Selanjutnya adalah oli gardan. Oli ini sebagai penghubung antara transmisi dan gardan agar menjadi lebih halus dan bebas hambatan. Selain itu juga mampu meningkatkan kinerja mesin menjadi lebih lancar.

Biasanya penggantian oli ini apabila telah mencapai jarak hingga 20.000km. Selain itu juga bersamaan dengan penggantian oli transmisi. Hanya saja dalam prakteknya oli gardan ini sering kurang perhatian.

Jika penggantiannya telat biasanya menyebabkan bunyi atau suara dengung dan bunyi tertentu pada gardan saat berbelok.

  1. Oli Rem

Sesuai dengan namanya maka jenis oli rem ini adalah untuk mempermudah sistem pengereman. Fungsi utamanya adalah untuk menyalurkan tenaga agar rem tersebut lebih pakem lagi. Oli rem ini sama pentingnya dengan Oli mesin mobil.

Untuk penggantiannya sebaiknya di antara 2 hingga 3 tahun sekali. Namun tetap memperhatikan warna dari oli tersebut jika sudah berwarna kecoklatan atau hitam maka sebaiknya segera diganti. Kemungkinannya sudah tercampur dengan kotoran. Hal ini dapat menyumbat dalam tangki.

  1. Oli Power Steering

Pada oli power steering ini dapat membantu setir agar menjadi lebih nyaman. Sebaiknya penggantian oli ini sekitar setiap 40.000 km.

Namun juga memperhatikan warna oli jika sudah hitam atau kotor maka sebelum jarak 40.000km harus ganti. Sehingga kemudi mobil Anda tidak berat dan lebih ringan.

Oli Mesin Mobil Ada 2 Jenis

Berdasarkan konsumsi bahan bakar yang digunakan, oli mesin ada 2 jenis yaitu mobil bermesin diesel dan mobil bermesin yang mengkonsumsi bensin.

  1. Oli Mesin Mobil Diesel

Oli mesin ini memiliki viskositas yang lebih kental serta kandungan detergen yang lebih banyak. Biasanya untuk bertahan dalam kondisi suhu mesin tinggi. Selain itu juga memiliki kebutuhan untuk menetralisir asam yang lebih tinggi. Hal ini terkait dengan bahan bakar diesel di Indonesia yang memang memiliki kandungan berupa sulfur yang cukup tinggi.

  1. Oli Mesin Mobil Bensin

Pada jenis oli ini telah didesain untuk memberikan resistensi oksidasi lebih baik, perlindungan keausan, menjaga temperatur dan juga mengontrol deposit sehingga menjadi lebih baik.

Biasanya mesin bensin memiliki ruang bakar yang lebih bersih karena tidak menggunakan sulfur sehingga tidak ada kandungan timbal.

Perbedaan Mesin Mobil Diesel & Mobil Bensin

Setelah mengetahui jenis oli mesin mobil, penting mengetahui perbedaan mesin mobil diesel dan mobil bensin terdapat pada performa, kebutuhan bahan bakar juga keamanan. Pada kebutuhan bahan bakar, mesin diesel menggunakan solar yang dikompres dulu hingga memanas.

Sedangkan mesin bensin menggunakan gasolin. Bahan bakar ini kemudian dicampur dengan udara dan diproses dengan menggunakan piston.

Sementara pada penggunaan oli biasanya pada mesin diesel haruslah lebih kental. Sedangkan pada mesin bensin dianjurkan lebih encer lagi. Penggunaan oli tersebut haruslah menyesuaikan kondisi serta kebutuhannya masing-masing.

Untuk performa mesin, maka mesin diesel memiliki performa yang lebih bagus daripada mesin bensin. Oli mesin mobil diesel mampu memberikan tenaga yang besar. Namun dari tingkat responsif dan akselerasi lebih unggul mesin bensin.

Jika dilihat dari segi keamanan mesin, maka mesin diesel lebih baik dan unggul. Karena tidak membutuhkan tegangan listrik pada pembakaran dan tidak mengganggu gelombang.

Terutama kebutuhan bahan bakarnya, mesin diesel lebih awet hanya saja membutuhkan solar untuk tenaga maksimal. Sedangkan mesin bensin kebutuhannya lebih tinggi dan cukup menguras untuk perjalanan jauh.

Fungsi & Manfaat Oli Mesin pada Mobil

Oli mesin menjadi bagian penting setiap kendaraan. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui fungsi dan manfaat dari oli tersebut secara detail.

Dengan begitu, banyaknya merek dan berbagai jenis oli yang dijual di pasaran membantu Anda lebih mudah melakukan perawatan pada mobil Anda. Pemilihan oli mesin mobil berkualitas baik tersebut dapat memberikan manfaat sesuai fungsinya masing-masing berupa:

  • Sebagai Pelumas

Salah satu fungsi dan manfaat dari oli mesin tersebut adalah sebagai pelumas. Memudahkan komponen-komponen mesin kendaraan bergerak serta melicinkan komponen mesin. Komponen tersebut akan lebih ringan dan langkah kerjanya semakin maksimal.

  • Sebagai Perekat

Dalam tiap komponen yang terdapat dalam mesin akan semakin rekat dengan kuat sehingga membantu dalam kinerjanya lebih optimal. Komponen tersebut akan saling menempel.

Oli mesin mobil tersebut membentuk lapisan pada setiap permukaan komponen. Sehingga meminimalisir celah akibat renggangnya komponen tersebut.

  • Pelindung Dari Karat

Zat yang terdapat pada oli dapat mencegah adanya karat pada komponen mesin. Bahkan oli tersebut mampu mereduksi kimia pada mesin yang menimbulkan karat dan lebih tahan lama.

  • Menghemat Bahan Bakar

Manfaat oli mesin mobil selanjutnya adalah menghemat bahan bakar. Jika Anda menggunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi, maka kendaraan Anda tersebut akan terjaga dengan baik.

Dengan menggunakan oli dan menggantinya tepat waktu, maka mobil Anda akan lebih hemat bahan bakar. Ketika mesin tidak menggunakan bahan bakar yang banyak, maka Anda akan lebih diuntungkan.

  • Sebagai Pembersih

Saat oli bersirkulasi pada area mesin, maka oli tersebut akan melewati bagian mesin yaitu mulai dari dinding silinder dan lainnya. Jika ada kotoran baik dari sisa pembakaran, maka oli akan mendorong kotoran tersebut.

Sehingga partikel logam akan bersih kembali. Hal tersebut memberikan manfaat jika Anda menggantinya secara berkala.

  • Menyerap Panas

Begitu juga dengan manfaat oli mesin mobil lainnya sebagai penyerap panas. Saat mesin hidup, maka akan terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas.

Panas tersebut akan diubah menjadi tenaga. Maka saat bersamaan oli melewati bagian mesin panas, selanjutnya panas dari komponen tersebut akan diserap. Manfaat lainnya adalah mencegah keausan yang berlebih pada mesin.

  • Mampu Beradaptasi pada Dunia Ekstrim

Mobil akan lebih menyesuaikan diri dengan lingkungan dan cuaca pada dunia ekstrim. Pengaruh cuaca ekstrim dapat mengganggu mesin mobil.

Oleh karena itu, perlu dirawat dengan oli mesin mobil. Dengan oli tersebut, maka mesin mobil menjadi terlindungi dan lebih terawat meski dalam kondisi apapun.

Tanda-tanda Mobil Harus Segera Ganti Oli

Ketika oli mesin yang baru melumasi semua bagian komponen mesin, maka semakin lama akan kian banyak molekulnya yang rusak. Sehingga akan menimbulkan masalah bagi kendaraan.  Oleh karena itu, perlu diketahui terkait tanda-tandanya sehingga memungkinkan Anda untuk mengganti oli tersebut.

  • Oli Kotor dan Berwarna Hitam Pekat

Hal pertama yang diamati adalah warna oli. Saat baru oli berwarna kuning namun ketika lama digunakan, maka akan berwarna hitam dan mengandung kotoran. Jika terjadi seperti ini, maka sebaiknya Anda segera mengganti oli mesin Anda.

  • Jarak Tempuh Memenuhi

Jarak tempuh mobil semakin jauh akan semakin mempercepat kerja mesin. Penggantian oli mesin mobil sebaiknya jika jarak tempuh tersebut sudah mencapai 5000 km. Setiap jarak 5000 km, maka Anda wajib menggantinya untuk menjaga kualitas oli mesin.

  • Mesin Terasa Kasar

Pertanda lainnya jika mesin mobil Anda terasa kasar. Anda saat mengemudikannya pasti merasakan tidak semulus biasanya maka Anda harus segera mengganti oli tersebut. Biasanya menimbulkan suara ketukan atau gemuruh.

  • Lampu Indikator Dashboard Menyala

Tanda selanjutnya ada peringatan pada dashboard dengan instrumen yang menyala yang berbentuk corong oli berwarna kuning. Indikator tersebut menjadi pertanda bahwa Anda harus segera mengganti oli mesin.

  • Cek Kartu Pengingat Ganti Oli

Biasanya ketika Anda ke bengkel Anda akan mendapatkan kartu jadwal ganti oli. hal ini bisa Anda jadikan patokan kapan harus ganti oli.

  • Asap Knalpot 

Jika yang keluar berupa asap knalpot berwarna putih maka sebaiknya Anda periksa jangan sampai terjadi masalah terutama pada Oli mesin mobil Anda.

Efek Tidak Mengganti Oli Mobil Secara Rutin

Salah satu cara menjaga agar mesin bekerja optimal, maka gunakanlah oli tepat waktu dan sesuai standarnya. Namun jika Anda telat mengetahuinya maka akan berimbas buruk untuk mesin mobil tersebut. Efeknya sebagai berikut.

  • Kualitas Mesin Menurun

Oli yang tak tepat waktu mempunyai pengaruh yang besar terhadap kinerja mesin. Oli yang semakin hitam dan kental maka akan menurun kualitasnya. Hal ini berdampak pada turunnya kinerja mesin. Sehingga terdengar kasar dan mobil sulit dinyalakan.

  • Bahan Bakar Boros

Apabila telat mengganti bahan bakar maka berakibat pada konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Hal ini karena oli memiliki kualitas yang menurun sehingga tidak dapat meminimalisir gesekan antar komponen. Kinerjanya semakin berat karena pelumas tidak maksimal dan kering.

  • Overheating

Mesin mobil yang mengalami kenaikan suhu maka menjadi sangat panas maka terjadi overheating. Proses pendinginan dari Oli mesin mobil tersebut tidak maksimal sehingga mobil cepat cepat panas.

  • Tenaga Mesin Menjadi Berat

Jika Anda tidak segera mengganti oli mobil maka tenaga mesin mobil menjadi lebih lemah. Hal ini karena dibebani gesekan antar komponen saat mesin dihidupkan.

Tips Memilih Oli Mesin yang Bagus Untuk Mobil

Oli memiliki peran yang penting dan utama. Dari fungsi serta manfaat yang diperoleh sehingga lebih maksimal. Oleh karena itu, sangat penting memilih oli terbaik untuk mobil Anda.

Memilihnya tidak boleh sembarangan karena fatal akibatnya demi kelangsungan mesin mobil Anda. Berikut tips memilih oli mesin yang bagus:

  • Menyesuaikan Karakter Mesin dengan Oli

Pertama adalah memperhatikan karakter mesin mobil Anda dengan oli. Membeli oli mesin mobil bukanlah perkara merek atau harga, namun kesesuaian jenis oli yang cocok dengan mobil. Anda bisa melihat buku petunjuk manual yang menjelaskan spesifikasi mesin serta jenis oli yang tepat.

  • Pilih Oli Mesin yang Memiliki Sertifikasi

Memilih oli mesin yang baik adalah memilih yang bersertifikasi. Beberapa badan yang memberikan sertifikasi adalah ILSAC, API, ACEA dan JASO.

Oli yang bersertifikasi telah terjamin standar serta kualitasnya. Sehingga mesin mobil Anda mendapatkan oli yang berkualitas sehingga lebih awet.

  • Teliti dengan Kekentalan Oli

Berbagai jenis oli mesin mobil yang beredar di pasaran memiliki kekentalan berbeda. Maka dari itu, Anda harus menyesuaikan dengan karakter mesin mobil Anda.

Kekentalan biasanya ditunjukkan dengan angka Society of Automotive Engineers (SAE) yang sudah tertera pada setiap kemasan. Sebagai contoh SAE 10W-40. Hal tersebut mengartikan bahwa semakin besar angka, maka cairan oli semakin kental.

  • Bahan Baku Oli

Selain kekentalan, hal yang perlu diperhatikan adalah bahan baku oli. Biasanya terdapat dua jenis oli mesin yaitu oli bahan mineral dan oli sintetis.

Oli mineral terbuat dari ekstraksi minyak bumi atau bahan alami. Sedangkan sintetis terbuat dari bahan kimia atau aditif. Untuk mobil keluaran lama biasanya cocok menggunakan oli mineral. Sedangkan oli sintetis untuk mesin mobil keluaran baru.

Berapa SAE Oli Mesin Mobil Diesel?

SAE merupakan kode dari tingkat kekentalan atau viskositas oli mesin. Biasanya mobil diesel dengan teknologi common rail menggunakan SAE 5W-40, sedangkan untuk jarak tempuh lebih dari 70.000km menggunakan oli 10W-40.

Berapa SAE Oli Mobil Bensin?

SAE merupakan badan internasional yang menjelaskan secara singkat tentang tingkat kekentalan oli. Disamping itu, menunjukkan kemampuan oli saat menjaga stabilitas kekentalan terkait pengaruh suhu. Untuk kekentalan oli mesin bensin bisa menggunakan 15W-40, 5W40 dan juga 5W-30.

Berapa Volume Oli yang Dibutuhkan Untuk Mobil?

Volume oli memang tidak bisa sembarangan. Kapasitas oli mesin mobil harus tetap dijaga jangan sampai berada di batas minimum. Sesuaikan dengan merek dan spesifikasi oli dengan yang ada didalam mesin.

Umumnya rata-rata batas minimum sampai maksimum pada dipstick yang dibutuhkan adalah 1 hingga 1,5 liter oli mesin. Namun Anda juga perlu menunggu hingga oli tersebut turun sempurna ke karker.

Anda lihat kembali ujung dipstick karena minimal ketinggian oli adalah di antara batas minimum dan maximum.

Merek Oli Mobil Bensin di Pasaran

Berikut ini adalah daftar merek oli mesin mobil bensin yang ada di pasaran yaitu :

  • Evalube Geo
  • Evalube Molytec
  • Evalube Helios Super Shyntetic
  • Evalube Helios Ultra Full Shyntetic
  • Evalube Helios Platinum Full Shyntetic
  • Oli Top1 HP Sport
  • Catrol Magnatec
  • Eneos CVT Fluid Asia
  • Lucas Semi Synthetic
  • Liqui Moly Top Tech 4100
  • Shell Helix HX7

Merek Oli Mobil Diesel di Pasaran

Berikut ini adalah daftar merek oli mesin mobil diesel yang ada di pasaran yaitu :

  • Evalube Deo Tranz
  • Evalube HD
  • Evalube Super Transco
  • Top 1 Zenzation Diesel
  • Shell Helix HX8
  • STP Diesel Oil
  • Castrol Magnatec
  • Fastron Diesel
  • Meditran SX Bio
  • Shell Rimula R5 E

Evalube Oli Mobil Diesel & Bensin Terbaik

Evalube merupakan merek oli mesin mobil yang bagus menurut para penggunanya, baik untuk jenis mobil diesel maupun bensin. Evalube memiliki performa tinggi terutama untuk mesin diesel.

Evalube berteknologi Veltec Protective Energy. Memberikan pelumas yang lebih stabil dan bahkan memiliki perlindungan total pada mesin kendaraan Anda.

Kelebihan Oli Mobil Evalube Dibanding Merek Lain

Evalube menciptakan formulasi terbaru. Hadir dengan Veltec with Clean Shield Formula yang dipercaya mampu membersihkan mesin lebih maksimal.

Sehingga mampu meningkatkan performa kendaraan serta memberikan perlindungan terbaik bagi mesin kendaraan. Begitu juga dengan formulasi aditif yang mampu melindungi mesin dari karat, menjaga kebersihan dan menjaga kestabilan oksidasi. Oli mesin mobil terbaik dan memiliki performa luar biasa.