Fungsi Defogger Mobil Alias Garis Orange di Kaca Mobil

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Untuk keamanan dan keselamatan pengendara, produsen mobil terus meningkatkan berbagai fitur dan teknologi untuk produk mereka. Sayangnya, belum semua orang memahami tiap fitur keselamatan di mobil. 

 

Salah satunya adalah garis merah atau orange yang umumnya ada di belakang kaca mobil. Garis ini memiliki nama defogger mobil. 

 

Fungsi Defogger Mobil

 

Defogger mobil ini juga sering disebut sebagai anti-embun. Jadi, defogger mobil ini sebenarnya adalah kawat tipis yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu kaca sehingga meminimalisir munculnya embun di kaca mobil. 

 

Defogger sangat berguna saat berkendara dengan AC atau saat di luar hujan karena bisa meminimalisir embun di kaca mobil yang bisa menyebabkan kaca belakang mobil buram karena embun. Berkat peranannya, pandangan pengendara jadi tak terganggu embun dan berkendara pun lebih aman dan nyaman. 

 

Cara kerja defogger mobil 

 

Ada dua jenis defogger mobil yang dibedakan berdasarkan cara kerjanya. Berikut penjelasannya: 

 

  1. Defogger Primary 

 

Defogger primary biasanya terletak di kisi-kisi depan kaca mobil. Untuk cara kerjanya yaitu menggunakan sistem pemanas dan pendingin udara atau yang sering disebut HVAC pada kendaraan yang bisa dikontrol langsung oleh pengendara. 

 

Sistem AC mobil akan mengeluarkan udara yang kemudian diarahkan melalui pemanas atau heater yang membuat suhunya menjadi hangat. Suhu yang hangat ini kemudian akan keluar melalui ventilasi yang kecil sehingga embun pada mobil pun tak terbentuk. 

 

  1. Defogger Secondary 

 

Sementara defogger secondary ini bentuknya garis vertikal di belakang mobil. Cara kerjanya cukup berbeda dengan defogger primary. 

 

Defogger secondary bekerja menggunakan aliran listrik yang kecil. Caranya menggunakan saklar defogger yang akan menyala otomatis dan mengalirkan arus listrik melalui bahan permukaan kaca sehingga menimbulkan panas dan mencegah hingga menghilangkan embun. 

 

Karena fungsinya cukup penting, jadi pastikan defogger di mobilmu bisa bekerja dengan baik ya. Hubungi teknisi jika muncul masalah pada defogger mobil.